Dr. Syaifuddin: makin banyak hasilkan jurnal ilmiah, dosen makin kompeten dan berdampak positif bagi institusi

Workshop Publikasi Nasional Bereputasi

Publikasi ilmiah dalam jurnal bereputasi sudah menjadi kewajiban dan tuntuan dari pemerintah yang harus dipenuhi oleh setiap Dosen. Hal ini sebenarnya sudah sejalan dengan tridharma perguruan tinggi, khususnya unsur penelitian. Kewajiban penelitian dan publikasi ilmiah sudah jadi bagian dari setiap proses kenaikan jabatan fungsional akademik.

Untuk mendorong dosen dan PLP dalam meningkatkan penulisan karya ilmiah, maka Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa, menyelenggarakan workshop publikasi nasional bereputasi selama 2 hari dimulai tanggal 12 sampai 13 November bertempat di Hotel Remcy Makassar. Selasa, (12/11/2019).

Direktur Polbangtan Gowa, Dr. Ir. Syaifuddin, MP, membuka secara langsung workshop publikasi. Dikatakannya bahwa kegiatan workshop ini akan melahirkan berbagai tulisan karya ilmiah yang bersifat “Jurnal Nasional dan bisa jadi akan menerbitkan “Jurnal Internasional. Diharapkan ke 65 dosen, calon dosen, PLP dan calon PLP Polbangtan Gowa serius dan aktif dalam menerima materi dari para narasumber.

Publikasi adalah upaya untuk menyebarluaskan hasil pemikiran baik dalam bentuk penelitian atau hal lainnya. Makin banyak karya ilmiah yang dihasilkan, maka makin tinggi juga kompetensi diri yang dimiliki sehingga berdampak juga pada reputasi institusi,” pungkas Dr. Syaifuddin dalam arahannya.

Materi pertama yang disajikan dalam workshop ini adalah pentingnya publikasi, struktur manuskrip artikel ilmiah dan persiapan penulis itu sendiri oleh Diyahwati, S.TP., M.Pd dan Muhammad Rizal, M.Si. Ke dua narasumber ini berasal dari Universitas Negeri Makassar (UNM) sebagai pengelola “Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian”. Sejumlah materi yang akan disajikan dalam workshop ini sebagai bagian dalam menyiapkan bahan tulisan untuk kemudian diterbitkan dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah penulisan artikel ilmiah. (MUZ).

Berita Terkait