Makassar Terkini
Masuk

Eko Kuntadhi: Rizal Ngaku Dibayar Refly Rp7 Juta untuk Podcast Berisi Kebohongan, Kok Jadi Gue yang Dilaporin?

Terkini.id, Jakarta – Pegiat media sosial, Eko Kuntadhi mempertanyakan mengapa ia dilaporkan terkait informasi bahwa Rizal Afif dibayar oleh Pakar Tata Hukum, Refly Harun untuk berbohong di Podcast-nya.

Pasalnya, Rizal Afif sendiri sudah mengaku bahwa ia memang dibayar sebesar Rp7 juta oleh Refly Harun.

“Refly yang wawancara Rizal Afif. Di podcastnya Rizal Afif ngaku mantan napiter, buat bela Munarman dan Bahar Smith. Padahal Rizal cuma maling kelas Cokro,” kata Eko Kuntadhi melalui akun Twitter @_ekokuntadhi pada Sabtu, 4 Juli 2022, sebagaiman dikutip Terkini.id.

“Terus, Rizal ngaku dibayar Rp7 juga sama Refly utk podcast berisi kebohongan itu. Kok, jadi gue yang dilaporin? Puyeng sah,” sambungnya.

Dilansir dari Kompas, Refly Harun melaporkan Eko Kuntadhi ke Bareskrim Polri, Jakarta pada Kamis, 2 Juni 2022. Selain Eko Kuntadhi, ia juga melaporkan Rizal Afif.

Rizal Afif dilaporkan terkait pernyataannya bahwa ia dibayar Refly Harun untuk mengaku sebagai mantan narapidana teroris.

Eko Kuntadhi juga turut dilaporkan karena memviralkan tudingan bahwa Refly Harun membayar Rizal Afif untuk berbohong.

Adapun laporan Refly Harun terdaftar dengan Nomor: STTL/157/V/2022/Bareskrim.

“Jadi ada dua orang yang saya laporkan dalam LP ini, yang pertama si Rizal Arif yang kedua akun Ekokun yang memviralkan itu,” kata Refly Harun.

Refly Harun membuat laporan ini karena merasa namanya telah dicemarkan sehingga kredibitasnya juga bisa terganggu.

“Selain sebagai YouTuber dan podcaster saya juga opinion maker di bidang hukum. Kalau ada seperti ini justru akan mengganggu kredibilitas saya. Dituduh ngasih uang, dituduh nyetting. Ya kan lalu kemudian dijelek-jelekin,” katanya.

Sebelumnya, Eko Kuntadhi memang mengunggah informasi di akun Twitter-nya bahwa Refly Harun membayar Rizal Afif untuk berbohong mengaku sebagai mantan narapidana terorisme.

“Waduh. Kabarnya Rizal Afif dibayar Rp7 juta untuk berbohong ngaku mantan Napiter di podcastnya Refli Harun,” kata Eko Kuntadhi melalui akun Twitter pribadinya pada Minggu, 15 Mei 2022.

“Tujuannya membela Munarman. Atas arahan Bahar Smith dan Refli,” sambungnya.

Setelah itu, muncul pula video pengakuan Rizal Afif. Dalam video tersebut, Rizal menegaskan bahwa dirinya bukan mantan napiter.

Dilansir dari Tribun Jakarta, Rizal Afif juga menjelaskan dirinya diundang ke podcast milik Refly Harun. Dalam podcast tersebut, ia mengaku sebagai eks napiter.

Kemudian, saat acara podcast selesai, Rizal Afif mengaku diberi uang tunai oleh Refly Harun sebesar Rp7 juta.