Firanda Andirja Dituding Sebut Sunan Kalijaga Wali Setan, Ini Faktanya

Terkini.id, Jakarta – Sebuah potongan video yang memperlihatkan pendakwah Ustaz Firanda Andirja tengah menyampaikan ceramah dan dituding menyebut Sunan Kalijaga sebagai wali setan, viral di media sosial.

Video Ustaz Firanda Andirja dituding sebut Sunan Kalijaga wali setan itu viral usai diunggah pengguna Twitter Tukangrosok_, seperti dilihat pada Senin 10 Januari 2022.

Dalam narasi cuitannya, netizen itu mengutip ulang pernyataan Firanda Andirja dalam cuplikan potongan video unggahannya tersebut.

Baca Juga: Gus Samsudin Akan Kubur Dirinya Sendiri Selama 2 Hari: Mulai...

Selain itu, ia juga mengatakan sebelum isi ceramah Firanda Andirja tersebut menuai polemik lebih besar di publik maka sebaiknya aparat Polri segera mengamankan penceramah itu.

“Ustadz Firanha mengatakan Kanjeng Sunan Kalijaga itu Wali Setan. Sebelum ada polemik yang lebih besar tolong Bapak ListyoSigitP DivHumas_Polri segera amankan Ustadz ini,” cuit netizen Tukangrosok_.

Baca Juga: Ustadz Faizar: Blangkon Itu Produk Kaum Muslimin!

Dilihat dari video yang telah dipotong itu, tampak awalnya Ustaz Firanda Andirja mengaku tidak yakin apakah 9 wali songo adalah wali Allah.

Pasalnya, kata Firanda, dirinya belum pernah mendengar langsung perkataan maupun melihat langsung amal saleh kesembilan wali songo itu.

“Apakah 9 wali adalah wali Allah? Saya tidak tahu. Kalau saya mau tahu, saya harus lihat perkataan mereka, amal saleh mereka baru saya timbang dengan Alquran sunnah,” ujar Ustaz Firanda.

Baca Juga: Ustadz Faizar: Blangkon Itu Produk Kaum Muslimin!

Akan tetapi, menurut Firanda, jika ternyata perbuatan 9 wali songo itu sesuai dengan Alquran maka menurutnya mereka adalah wali-wali Allah.

“Kalau mereka ternyata sesuai Alquran sunnah maka mereka Insyaallah wali-wali Allah, orang-orang saleh,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ustaz Firanda Andirja kemudian menyinggung cara salah satu dari 9 wali songo yakni Sunan Kalijaga menjadi wali.

“Sunan Kalijaga bagaimana cara jadi wali? Dia pergi di pinggir kali kemudian dia bertapa sampai badannya penuh lumut. Dia tidak salat, tidak makan, kemudian dia tiba-tiba jadi wali. Kalau begitu cara jadi wali, dia wali setan,” tuturnya.

Namun, berdasarkan penelusuran terkait video lengkap ceramah Ustaz Firanda Andirja itu ditemukan bahwasanya tudingan tersebut tidak sesuai fakta.

Faktanya, Ustaz Firanda Andirja dalam video lengkap terkait isi ceramahnya soal Sunan Kalijaga itu mengkritik cerita dalam sebuah film yang mengangkat kisah wali songo tersebut.

Adapun video lengkap ceramah Firanda Andirja terkait Sunan Kalijaga itu diunggah kanal YouTube Cahayaislam.

Berdasarkan cuplikan video berjudul ‘Fitnah Keji Terhadap Ustaz Firanda Andirja Terkait Wali Syaitan Sunan Kali Jaga’ itu, Firanda menyinggung soal cerita dalam sebuah film yang mengangkat kisah Sunan Kalijaga.

“Adapun cerita yang sampai pada kita contohnya Sunan Kalijaga mau jadi wali bagaimana? Bertapa pinggir kali tidak salat, dalam film kan begitu,” kata Ustaz Firanda.

“Dalam film saya nonton waktu kecil dulu, Sunan Kalijaga bagaimana cara jadi wali? Dia pergi di pinggir kali kemudian dia bertapa sampai badannya penuh lumut. Dia tidak salat, tidak makan, kemudian dia tiba-tiba jadi wali. Kalau begitu cara jadi wali, dia wali setan,” tambahnya.

Ustaz Firanda Andirja pun menegaskan bahwa dirinya tidak pernah membenarkan cerita dalam film yang mengangkat kisah Sunan Kalijaga yang pernah ia tonton tersebut.

“Tapi saya tidak pernah membenarkan cerita itu. Kalau ada yang bilang ceritanya benar, mana dalilnya?,” tegasnya.

Bagikan