Gandeng IDI dan PDUI Jeneponto, PERKI Makassar Gelar Seminar Kesehatan

Sekretaris Dinas Kesehatan,H Amiluddin Amin, yang mewakili Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto buka Seminar kesehatan penyakit jantung dan pembuluh darah di gedung Sipitangarri, Kabupaten Jeneponto, Selasa, 10 Desember 2019

Terkini.id,Jeneponto – Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Cabang Makassar

bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Jeneponto dan Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Komisariat Jeneponto gelar Seminar kesehatan penyakit jantung dan pembuluh darah.

Seminar kesehatan itu berlangsung di gedung Sipitangarri, jalan Lanto Daeng Pasewang, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Selasa, 10 Desember 2019

Seminar tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Kesehatan, H Amiluddin Amin, yang mewakili Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto dan dihadiri Direktur RSUD Lanto Daeng Pasewang, dr Bustamin

Seminar tersebut melibatkan, 112 peserta dari IDI, PDGI, Umum, PPNI, IBI pihak PLN, PLTU, pemerintah kecamatan, rutan, perawat dan masyarakat dengan pemateri, dr. M .Zulkifli dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Cabang Makassar.

Ketua Panitia, dr Erwin Pratama, menyampaikan, seminar kesehatan penyakit jantung dan pembuluh darah dilaksanakan karena  nenurut WHO, penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia.

“Dari riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kemenkes, tahun 2018 menunjukkan sebesar 1.5 persen atau 15 dari 1.000 penduduk Indonesia menderita penyakit jantung koroner,” kata dr Erwin Pratama yang juga Ketua Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Komisariat Jeneponto.

Menurutnya, Survei Sample Registration System tahun 2014 menunjukkan 12.9 persen kematian di Indonesia disebabkan penyakit jantung.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan edukasi yang menambah wawasan dan pengetahuan peserta tentang bagaimana mengenali tanda-tanda dini penyakit jantung, mencegah sedini mungkin agar angka kematian dapat ditekan,” ujarnya.

Sedangkan, Sekretaris Dinas Kesehatan, H Amiluddin Amin, yang mewakili Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto, mengapresiasi terlaksananya seminar kesehatan tersebut.

“Kami sangat apresiasi kegiatan ini. Seminar ini baru dilaksanakan di Jeneponto, bagaimana kita bisa melakukan pekerjaan sesuai dengan kompetensi yang baik, itu dapat implementasi dari kegiatan pada hari ini,” jelas H Amiluddin.

Menurutnya, kegiatan itu suatu hal yang sangat luar biasa karena dapat  dilaksanakan kembali di Kabupaten Jeneponto.

“Sudah lama sekali kegiatan seperti ini tidak dilaksanakan di daerah kita, untuk itu kami sangat mengharapkan dengan seminar kesehatan ini dapat merubah perilaku hidup masyarakat yang paham terhadap hidup sehat, jika bertingkah laku sehat, maka yakin kita semua akan terhindar dari penyakit jantung,” bebernya.

Pada kesempatan itu, dr. M .Zulkifli selaku pemateri memaparkan, penyakit jantung koroner, yang fokus pada pencegahan.

Komentar

Rekomendasi

PPDI Jeneponto Laporkan Pemberhentian Perangkat Desa ke Ombusdman

Miris, Seorang Nenek di Jeneponto Tinggal di Rumah Tak Layak Huni

Ketua TP PKK Jeneponto Kunjungi Bayi Penderita Gizi Buruk di RSUD Latopas

Tim Pegasus Polres Jeneponto Gerebek Judi Sabung Ayam, 2 Pelaku Diamankan

Jasad Korban Tenggelam di Jeneponto Ditemukan Mengapung

Tak Sanggup Evakuasi Korban Tenggelam, BPBD Jeneponto: Fasilitas Belum Memadai

Curi Isi Kotak Amal Masjid, Warga Takalar Ditangkap di Jeneponto

Warga Jeneponto Apresiasi Basarnas Bantaeng, Anggota BPBD Nyaris Diusir

Tak Sadar Berlalulintas, Sejumlah Pengendara di Jeneponto Terjaring Razia

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar