Garuda Dihukum Denda Rp200 Juta Gegara Tumpahkan Air Panas ke Penumpang

Garuda
Ilustrasi pramugari pesawat Garuda. (Foto: Kompas)

Terkini.id, Jakarta – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia dihukum denda Rp 200 juta oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) lantaran pramugarinya menumpahkan air panas ke seorang penumpang wanita bernama Koosmariam Djatikusumo.

Sebelumnya, pihak Garuda sempat mengajukan banding atas tuntutan tersebut, namun PN Jakpus tetap memenangkan gugatan Koosmariam.

Kejadian itu sendiri berawal saat Koosmariam menumpang pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 264 dari Jakarta menuju Banyuwangi pada 29 Desember 2017, lalu.

Saat pesawat telah lepas landas, seorang pramugari menawarkan minuman dan makanan ke Koosmariam. Ia pun meminta dibuatkan teh panas ke sang pramugari.

Tak berselang lama kemudian, teh panas yang dibuat oleh pramugari itu ditaruh di atas nampan. Namun, saat hendak diberikan ke Koosmariam, teh itu malah tumpah dan mengenai kepala dan tangan Koosmariam. Korban lantas merasa kepanasan.

Lantaran merasa perih, Koosmariam diberikan gel pereda rasa sakit oleh kru pesawat. Sepulangnya ke Jakarta, ia kemudian memeriksakan kondisi kulitnya yang terkena air panas ke dokter kulit.

Merasa dirugikan dengan pelayanan Garuda, Koosmariam menggugat Garuda ke PN Jakpus. Akhirnya, pada 8 Januari 2019, PN Jakpus memutuskan Garuda telah melakukan perbuatan melawan hukum dan dihukum denda ganti rugi kepada Koosmariam.

“Mengabulkan permohonan banding dari Pembanding / Terbanding semula Penggugat dan Terbanding / Pembanding semula Tergugat tersebut. Menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor 215/Pdt.G/2018/PN. Jkt. Pst tertanggal 22 Januari 2019 dimohonkan banding tersebut,” demikian bunyi putusan Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta, Selasa, 21 Januari 2020.

Garuda didenda senilai Rp 200 juta kepada Koosmariam sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 92 Tahun 2011.

Komentar

Rekomendasi

Pria Gondrong yang Ngamuk di Sekolah Sambil Sebut Nama Menhan ‘Disidang’ Relawan Prabowo

Sinergi bersama Telkom Group, Telkomsel Dukung Gerakan #IndonesiaButuhAnakMuda

Bawa-bawa Nama Prabowo, Pria Ini Ngamuk di Sekolah karena Tak Dikasi Duit

Istimewanya HUT ke-60 Barru: Menteri, Gubernur, Pangdam, Kapolda hingga Ketua DPRD Hadir

Usia 63 Tahun, Astra Terus Kobarkan Semangat Kurangi Plastik

Lamaran Mewah Anak Pejabat, Mahar Kawinnya Fantastis

Prodia Buka Pemeriksaan Gratis untuk Millenial

Anggota DPR RI ini Lamar Kekasihnya dengan Mahar 12,5 Hektar Penuh Nikel dan Puluhan Ternak

Larry Tesler Penemu Cut dan Copy Paste di Komputer Meninggal Dunia

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar