Hadirkan Tenaga Kehumasan di Setiap OPD, Humas Jeneponto Gelar Diklat Jurnalistik  

Wabup Jeneponto Paris Yasir menyematkan idcard peserta pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan Humas dan Protokol Pemkab Jeneponto/

Terkini.id,Jeneponto – Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Kabupaten Jeneponto menggelar Pelatihan dasar-dasar Jurnalistik di Ruang Pola Pangrannuanta Kantor Bupati Jeneponto,Jalan Lanto Daeng Pasewang Kelurahan Empoang Kecamatan Binamu Jeneponto,Rabu, 4 September 2019.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu dibuka oleh Wakil Bupati Jeneponto Paris Yasir didampingi Kabag Humas Pemkab Jeneponto, Syarifuddin Lagu dan sejumlah jajarannya.

Pelatihan yang diikuti 50 peserta itu berlangsung mulai hari ini,  Rabu, 4 September hingga Kamis, 5 September 2019 mendatang. Adapun pemateri dalam kegiatan tersebut masing-masing Manajer Produksi Harian Tribun timur, AS Kambie, Fotografer Harian Fajar, Muh Idham Ama.

Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Jeneponto, Syarifuddin Lagu, selaku pelaksana kegiatan, dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan tersebut agar OPD Jeneponto memiliki tenaga kehumasan.

“Pelatihan dasar-dasar jurnalistik dilaksanakan agar di setiap OPD Pemkab Jeneponto memiliki tenaga kehumasan yang mampu merilis pemberitaan, sehingga kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di setiap OPD dapat terpublikasi untuk diketahui oleh masyarakat luas,” jelas Syarifuddin Lagu.

Sementara itu, Wakil Bupati Jeneponto Paris Yasir, dalam sambutannya, mengapresiasi upaya Humas Pemkab Jeneponto untuk menciptakan tenaga kehumasan di setiap organisasi perangkat daerah (OPD).

“Pelatihan dasar-dasar jurnalistik ini sangat dibutuhkan,kegiatan seperti ini sangat bermanfaat di era globalisasi seperti sekarang ini, karena sekarang ini memang kita perlu dibekali dengan ilmu-ilmu jurnalis untuk mendorong terciptanya informasi yang positif di era transparansi yang serba terbuka ini,” tutur Paris Yasir.

Lebih lanjut, Paris menyampaikan tentang keterbukaan informasi publik merupakan perubahan mendasar dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara.

“Teman-teman para jurnalis untuk memberikan pemberitaan yang berimbang, Jangan hanya kasus saja yang diangkat tapi seluruh pemberitaan yang positif dan koreksi untuk pemerintah,” ujarnya.

Paris juga menyampaikan, akan pentingnya aparatur sipil negara (ASN) yang memiliki kemampuan menulis yang baik merupakan salah satu upaya dalam mencegah berbagai informasi yang tidak benar atau hoaks,

“Berita hoaks sudah sangat mengganggu kita, mengganggu pemerintahan, di media sosial, Facebook, grup WA sudah semudah itu mencaci pemerintahan yang tidak tepat dan tidak mendasar dan tidak korelasi dengan kegiatan-kegiatan yang kita laksanakan, apalagi  yang menggunakan akun-akun palsu, mari kita bersama-sama memerangi itu,” ajak Paris.

Paris berharap pelatihan jurnalistik dapat dilaksanakan rutin di setiap tahun.Saya mengharapkan agar bagian humas protokol senantiasa melakukan kaderisasi dan pelatihan jurnalis secara berkesinambungan guna meningkatkan kualitas aparatur yang mampu menuliskan dan  memiliki kemampuan di setiap organisasi perangkat daerah,” tutupnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini