Hari Aksara Internasional 2019, Dompet Dhuafa Raih Penghargaan Kemendikbud RI

Terkini.id, Makassar – Memperingati Hari aksara internasional yang jatuh pada Minggu, 8 September 2019, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, memberikan penghargaan kepada Dompet Dhuafa atas kinerja program pendidikan literasi sekolah dan masyarakat, baik formal non formal di Makassar, Sulawesi Selatan.

Alhamdulilah Dompet Dhuafa mendaptkan penghargaan langsung dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk yayasan yang peduli terhadap pendidikan Paud dan pengembangan literasi di sekolah dan masyarakat,” kata Ahsin Aligory, Manajer Program Pendidikan Dompet Dhuafa.

“Ini adalah hasil kerja keras tim program pendidikan SLI,PAUD, TBM, Gemari Baca, PKBM, dan sekolah tapal batas. Penghargaan diberikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Muhadjir Effendy) didampingi oleh Gubernur Sulawesi Selatan (Nurdin Abdullah),” sambungnya.

Dompet Dhuafa sebagai lembaga, kata dia, terus melakukan inovasi program – program literasi untuk meningkatkan kecerdasan masyarakat, tidak hanya literasi huruf, juga literasi angka, literasi keuangan, dan literasi digital.

“Tugas lembaga saling bekerja sama membantu berkontribusi untuk memerangi literasi yang angkanya masih besar sekitar 1.93 persen jumlah penduduk Indonesia,” ujar Ahsin.

Pihak kementerian sudah melakukan survei terhadap yayasan-yayasan yang fokus pada pendidikan. Hasil akhirnya Dompet Dhuafa menjadi yayasan yang terus peduli terhadap program pendidikan PAUD dan literasi sekolah serta masyarakat.

Upaya untuk mewujudkan hal tersebut dengan memberikan pelatihan dan pendampingan terhadap kepala sekolah dalam suatu wilayah.

Berita Terkait