Hati-hati! Polisi Bakal Awasi Arus Silaturahmi dan Kunjungan Wisata Anda Selama Masa Lebaran

Terkini.id – Antisipasi terus dilakukan pemerintah dalam masa mudik hingga lebaran Idulfitri di seluruh tanah air. Sebagai contoh, polisi saat ini akan memantau arus silaturahmi dan kunjungan wisata selama masa lebaran.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan jajaran kepolisian di wilayah untuk mengawasi pergerakan masyarakat selama lebaran di wilayah aglomerasi agar tidak menjadi klaster baru.

“Hari kedepan kegiatan di wilayah aglomerasi terjadi arus silaturahmi dan kunjungan tempat wisata, maka dilakukan protokol kesehatan secara ketat,” kata Listyo seperti dikutip dari suaracom jaringan terkini.id.

Baca Juga: Beredar, Video Pria Menghina Jokowi dan Polisi dengan Sebutan ‘Binatang’

Wilayah aglomerasi kata Listyo adalah merupakan wilayah yang boleh dikunjungi masyarakat non mudik tanpa harus membawa Surat Izin Keluar Masuk atau SIKM. Wilayah tersebut meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Tidak hanya wilayah aglomerasi, Listyo juga mengingatkan jajarannya untuk mengantisipaai arus balik Idul Fitri 1442 Hijriah/2021.

Baca Juga: Kapolri Disebut Tutup Kasus Laskar FPI, Ayah Korban: Jangan Fitnah

Listyo menyebutkan harus ada persiapan yang matang untuk memastikan pencegahan penyebaran virus SARS-CoV2 penyebab COVID-19. 

Misalnya, melakukan tes swab antigen kepada masyarakat yang balik dari kampung halaman.

“Rumah sakit agar dikoordinasikan dan dipersiapkan dari sekarang sebagai rujukan COVID-19. Antigen juga dipersiapkan kalau kurang akan ditambah oleh Menkes. Dan Walaupun sudah divaksin tetap jalankan protokol kesehatan,” terang Listyo.

Baca Juga: Sindir Keras Kapolri, Istri AHY: Kota Mau Maju Kok Dihalangi

Listyo juga mengajak seluruh jajarannya untuk terus mengedukasi masyarakat terkait pelarangan mudik dalam rangka melindungi masyarakat dari paparan COVID-19.

“Terus bersabar dan memberikan sosialisasi kepada para pemudik, dengan harapan keluarga kita tidak terdampak COVID-19, ini yang terus menerus,” kata Kapolri saat mengecek pos penyekatan KM 31 Tol Jakarta-Cikampek.

1 2
Selanjutnya
Bagikan