Masuk

Heboh Soal Khilafah, Said Aqil: Khalifah Sudah Tidak Ada Kemampuan!

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Publik dihebohkan dengan maraknya kampanye sistem khilafah di berbagai daerah, berita itu juga tersebar dan cukup meresahkan masyarakat Indonesia.

Kemudian, beredar kembali video lawas pernyataan mantan Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj yang menceritakan khilafah dan pendiri Nahdlatul Ulama atau NU, yaitu Kiyai Hasyim Asyari atau Mbah Hasyim.

Said Aqil menceritakan bahwa Mbah Hasyim sudah tahu sejak dulu bahwa sistem khilafah akan hilang.

Baca Juga: Heboh, Terobos Ruang Sidang Ferdy Sambo, Syarifah: I Love You Pak Sambo, Aku Ingin Jadi Istrimu

Bahkan Said Aqil menjelaskan bahwa Mbah Hasyim mengetahui itu jauh lebih dulu sebelum ulama-ulama Arab berbicara soal bubarnya sistem khilafah.

Pernyataan itu disampaikan Said Aqil Siraj ketika masih menjabat sebagai Ketua Umum PBNU, kemudian video lawas itu kembali viral setelah diunggah oleh channel youtube TVNU Televisi Nahdlatul Ulama, dengan judul ‘Ma’rifat Mbah Hasyim Atas Bubarnya Khilafah’, sebagaimana dilansir Terkini.id, pada Rabu, 1 Juni 2022.

Mulanya, Said Aqil Siradj menceritakan sejarah negara-negara sekitar Arab yang dikuasai oleh para penjajah. Kemudian dirinya menyatakan bahwa Khalifah sudah tidak ada kemampuan untuk menyelamatkan wilayah yang sangat luas ini.

Baca Juga: Inilah Tujuh Manfaat Daun Bawang yang Jarang Diketahui

“Khalifah sudah tidak ada kemampuan untuk menyelamatkan wilayah yang luas ini, tidak mampu!,” ujar Said Aqil Siradj menjelaskan.

Kemudian Said Aqil menceritakan bahwa Mbah Hasyim Asyari sudah mengetahui bahwa Khilafah akan hilang atau akan bubar, bahkan lebih dulu tahu sebelum ulama Arab membahasnya.

Dirinya kemudian menjelaskan bahwa pengetahuan itulah yang menyebabkan Mbah Hasyim Asyari mengkampanyekan pernyataan ‘Hubbul wathann minal iman (Cinta tanah air sebagian dari iman).

“Mbah Hasyim Asyari sudah ma’rifat, sudah tahu, ini nanti khilafah bubar! ini nanti khilafah hilang ini, coba ulama Arab belum ada yang bilang begitu, Mbah Hasyim bisa tahu itu,” ujar Said Aqil Siraj menceritakan keunggal Mbah Hasyim.