Masuk

Ingin SDM Tanah Air Unggul, Jokowi Terus Gencarkan Pendidikan!

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Sumber Daya Manusia (SDM) semakin terlihat, khususnya pada generasi muda. Presiden Joko Widodo (Jokowi), terus mengupayakan menggencarkan pendidikan melalui kebijakan Merdeka Belajar yang menjadi kunci akselerasi untuk mencapai SDM yang unggul. 

Kebijakan ini diyakini mampu mengembangkan SDM Tanah Air. Pelaksanaan Merdeka Belajar yang digencarkan Jokowi langkahnya sudah sesuai dengan perkembangan zaman, ujar Wakil Rektor Universitas Pattimura (Unpatti), Freedy Leiwakabessy Rabu 1 Juni 2022 sindonews.com.

Freedy menjelaskan, kebijakan tersebut akan meningkatkan kemampuan generasi muda yang akan mencetak generasi muda yang mempunyai daya saing mumpuni untuk menghadapi tantangan global. 

Baca Juga: Jokowi Tak Ingin Kasus Gautam Adani Terjadi di Indonesia

“Iya sangat (memperkuat SDM) melihat demikian dalam Program MBKM misalnya Merdeka Belajar Kampus Merdeka itu,” kata Freedy.

Pendorong utama mencetak SDM generasi muda yang unggul merupakan kebijakan yang digencarkan dalam sektor pendidikan.

Visi dan misi Jokowi agar (SDM) Indonesia lebih unggul dan berkarakter. Harapannya hal tersebut dimanfaatkan oleh mahasiswa secara khusus, tambahnya. 

Baca Juga: Jokowi Resmikan Pasar Seni Sukawati di Kabupaten Gianyar

“Begitu banyak program unggulan seperti pertukaran mahasiswa merdeka, kampus mengajar, kompetensi kurikulum, kemudian magang, sertifikasi, hingga Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA),” tegasnya.

Selain itu pamor universitas atau kampus yang secara optimal menerapkannya dapat meroket. Freedy lebih lanjut menyebut, kebermanfaatan akan dirasakan secara nyata juga oleh mahasiswa. 

Kebijakan yang digencarkan Jokowi ini mampu meningkatnya daya saing kampus akan terlihat dari sisi akademik, kelembagaan, maupun kualitas SDM mahasiswa, dan tenaga pengajar.

“Jadi melalui program pendidikan itu terutama kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka itu memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk bersaing dan berkompetisi antar kampus. Itu luar biasa,” pungkas Wakil Rektor (Unpatti), Freedy Leiwakabessy.