Makassar Terkini
Masuk

Jokowi Diingatkan Putin Soal Bantuan Rusia Pada Saat Indonesia Merdeka, Netizen: Kode Keras

Terkini.id, Jakarta – Presiden Rusia, Vladimir Putin membacakan pidatonya pada saat menjamu Presiden Jokowi di Istana Kremlin pada Kamis 30 Juni 2022 waktu setempat.

Dalam menyampaikan isi pidatonya, orang nomor satu di Rusia tersebut kembali mengingatkan Jokowi soal jasa Rusia ketika Indonesia baru saja merdeka dari para penjajah bumi pertiwi.

“Saya ingatkan kembali bahwa negara kami membantu Indonesia membangun kenegaraan dan memperkuat posisi republik muda ini (saat itu) di kancah internasional,” ujar Vladimir Putin, dikutip dari CNNIndonesia.com, Jumat 1 Juli 2022.

Putin juga membicarakan soal bantuan Rusia kepada Indonesia sehingga membuat tanah air ini bisa menjadi negara yang seperti sekarang ini.

Lebih lanjut lagi, Putin bercerita soal saat Indonesia baru saja merdeka, Rusia mengirim beberapa tenaga ahli seperti insinyur serta kontraktor untuk membantu pertumbuhan pembangunan di negeri ini.

“[Karena partisipasi mereka] fasilitas infrastruktur transportasi dan industri besar, stadion, rumah sakit, dan institusi penting lain dibangun di Indonesia. Banyak di antara bangunan itu yang beroperasi hingga hari ini,” kata Vladimir Putin.

Selain itu, Putin juga menegaskan soal posisi Indonesia sebagai mitra utama Rusia di Asia Pasifik. Hubungan antara Indonesia dan Rusia selama ini terjalin karena simbiosis mutualisme yang terjadi antara kedua negara.

Vladimir Putin juga menyatakan tertarik untuk menolong Indonesia dalam membagung industri tenaga nuklir nasional serta menjadi investor dalam proyek Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kami memiliki banyak potensi kerjasama bisnis dalam mengembangkan infrastruktur transportasi dan logistik,” ungkap Vladimir Putin.

Melihat pemberitaan ini, netizen turut mengomentari pidato yang disampaikan oleh Vladimir Putin.

Cuitan Netizen Soal Pidato Vladimir Putin Tentang Indonesia (screenshot dari kolom komentar akun Twitter @CNNIndonesia)

“Maksud hati mengingatkan, dapatnya malah diingatkan,” tulis akun Twitter @azmipro75, dilihat pada Jumat 1 Juli 2022.

“Dateng2 malah d omelin he 3x,” lanjut akun Twitter @adewibis.

“Urus aja minyak goreng,sembako dan bbm pak,gausah sok sibuk,” tambah akun Twitter @Fahri_winanda93.

“Nasihat halus.. Jangan ikut campur.. Urusin migor sama pertalite aja,” imbuh akun Twitter @Mercyboyz.

“Kode keras,” pungkas akun Twitter @Ms_putra23.