Jokowi Geram dengan Kinerja Menterinya, Partai Pengusung Dorong Reshuffle

Presiden Jokowi. (Foto: Tempo)

Terkini.id, Jakarta – Kinerja para menteri kabinet yang biasa-biasa saja membuat Presiden Joko Widodo geram.

Kepada para menteri dan pimpinan lembaga negara, Jokowi dengan suara yang tinggi menyebut bakal mengambil langkah yang luar biasa keras.

Jokowi marah saat Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara pada 18 Juni lalu. Video rekaman saat Jokowi marah tersebut diunggah akun Youtube Sekretariat Presiden pada Minggu 28 Juni 2020.

Jokowi sudah menunjukkan kegusarannya saat baru mulai bicara. Dia mengatakan bahwa 3 bulan ke belakang hingga saat ini adalah masa krisis akibat pandemi corona. Akan tetapi, menurut dia, masih ada anggota kabinet bekerja biasa-biasa saja.

“Kita yang berada di sini bertanggung jawab pada 260 juta rakyat Indonesia. Tolong digarisbawahi dan perasaan itu tolong sama. Ada sense of crisis yang sama. Hati-hati,” kata Jokowi dengan nada tinggi meski baru mulai bicara.

Menarik untuk Anda:

Berdasarkan penuturan pihak Organisation for Economic Co-operation and Development beberapa waktu lalu, Jokowi mengingatkan bahwa perekonomian dunia terkontraksi minus 6 hingga 7,6 persen. Bank Dunia pun sudah minus 5 persen.

Namun, Jokowi melihat masih ada anggota kabinet yang tidak khawatir sehingga bekerja biasa-biasa saja. Tidak ada tindakan luar biasa untuk mengantisipasi krisis.

“Saya melihat masih banyak kita yang menganggap ini normal. Saya lihat masih banyak kita ini yang seperti biasa-biasa saja. Saya jengkelnya di situ. Ini apa enggak punya perasaan,” tambahnya lagi.

Dia mengaku tidak keberatan untuk kembali mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) mau pun perpres agar upaya-upaya penanggulangan krisis akibat pandemi corona bisa optimal.

Begitu pun para menteri. Dia meminta agar anggota kabinet tidak sungkan untuk mengeluarkan peraturan menteri untuk memudahkan pengambilan kebijakan yang sifatnya luar biasa.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Kasus Pemotor Depok Hadang Ambulans Tak Diproses Hukum, Ini Alasannya

Wanita Tiga Anak Tinggal di Tempat Sampah Usai Suami Dipenjara Gegara Dituduh Mencuri

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar