Kadinkes Makassar Sebut Masalah Kesehatan Disebabkan Kebiasaan

Kadinkes Makassar
Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin

Terkini.id, Makassar – Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin, menyayangkan bila program inovatif dari pemerintah Kota Makassar di sektor kesehatan, yakni Lorong Sehat dibiarkan terlantar oleh Puskesmas.

Ia mengatakan program yang populer dengan sebutan Longset tersebut berperan besar dalam menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada warga.

“Masalah kesehatan sedikit banyaknya disebabkan oleh kebiasaan, kebiasaan ini dibentuk dari perilaku. Inilah yang kita terus gencarkan ke masyarakat mengenai perilaku hidup bersih dan sehat melalui Longset, jadi harus tetap dijaga,” kata Naisyah Tun Azikin saat membuka Sosialisasi Longset di Hotel Lynt, Jalan Hertasning, Makassar, Jumat, 6 September 2019.

Naisyah mengatakan penyakit yang mematikan di Indonesia ialah penyakit tidak menular. Seperti paru-paru, jantung dan stroke. Penyebabnya adalah kebiasaan yang tidak sehat.

“Sekarang ini justru penyakit tidak menular yang lebih berbahaya. Di Longset ada 12 indikator PHBS. Salah satunya tidak boleh merokok, paparan asap rokok itu menimbulkan penyakit yang mematikan. Dan lebih berbahaya terhadap perokok pasif,” paparnya.

Menarik untuk Anda:

Kelompok rentan penyakit seperti perokok pasif, kata Naisyah, didominasi anak-anak dan ibu-ibu. Secara presentasi, kata dia, perokok aktif memiliki resiko penyakit lebih kecil.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa Longset merupakan program yang promotif preventif. Di mana Pemerintah Kota Makassar melalui Dinkes mensosialisasikan, membina dan sekaligus mencegah terjadinya penyakit.

“Itu baru satu indikator, belum lagi sebelas yang lainnya, seperti persoalan cuci tangan atau pun kebersihan lingkungan. Hal ini lah yang harus kita perhatikan. Karena tugas kita untuk membina dan mencegah penyakit, dimulai dari hal kecil dan sederhana, yakni PHBS di Longset,” tutupnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Pembangunan Makassar New Port Abaikan Keselamatan Nelayan Tradisional

Update 14 Juli Perkembangan Corona di Makassar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar