Masuk

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Apresiasi Polri dan Kejagung: Tetap Teliti dan Profesional

Komentar

Terkini.id, JakartaMenko Polhukam Mahfud MD memberikan apresiasi kepada Polri dan Kejaksaan Agung (Kejagung) karena telah bekerja keras menangani kasus Ferdy Sambo.

Mahfud MD mengatakan, mereka harus tetap teliti dan profesional dalam menangani perkara terkait Ferdy Sambo itu.

“Alhamdulillah, Kejaksaan Agung telah menyatakan berkas perkara pembunuhan Brigadir Yosua atau kasus Sambo sudah lengkap (P21). Melibatkan 5 tersangka pembunuhan berencana dan 7 tersangka untuk obstruction of justice,” kata Mahfud MD, dilansir dari Suara.com pada Kamis 29 September 2022.

Baca Juga: Kuat Ma’ruf Ungkap Ferdy Sambo Sobek Kertas Berita Acara Interogasi di Provos

“Kita apresiasi Polri dan Kejagung yang telah bekerja keras, tapi tetap teliti dan profesional,” sambung dia.

Selain itu, Mahfud MD juga mengapresiasi Polri yang turut memproses pelanggaran kode etik dalam kasus ini.

“Polri secara simultan bukan hanya menangani pidana-nya, tapi juga memproses kode etik-nya, sementara Kejagung meneliti secara cermat kelengkapan persyaratan-nya. Mari terus kita kawal agar bagus sampai akhir,” ujarnya.

Baca Juga: Viral! Wanita Ini Ngaku Ingin Jadi Istri Ferdy Sambo: Love You Pak

Mahfud MD menegaskan, kelengkapan berkas perkara kasus Ferdy Sambo menjadi bukti tidak ada proses bolak-balik antara Polri dan Kejagung.

“Seperti saya bilang, tidak bolak-balik dari Kejaksaan ke Polri. Hanya bolak sekali, langsung jadi,” ungkap Mahfud.

Sementara itu, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung (Jampidum Kejagung) Fadil Zumhana juga menegaskan bahwa terjalin koordinasi yang efektif antara pihak Polri dengan kejaksaan.

“Hubungan koordinasi antara penyidik dengan penuntut umum, hubungan koordinasi antara Kabareskrim dengan Jampidum berjalan secara efektif, sehingga yang selama ini berkas perkara bolak-balik, kami tidak ada bolak-balik,” ucap Fadil menegaskan kepada wartawan di lobi gedung Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, Jakarta Selatan, Rabu 28 September 2022.

Baca Juga: Orang Tua Bharada E: Pak Sambo Harus Bertanggung Jawab, Jangan Dikorbankan Anak Saya

Pemenuhan petunjuk kelengkapan berkas dilakukan berdasarkan konsultasi dan koordinasi yang efektif antara jaksa dan penyidik, sehingga kemarin, pada Rabu 28 September 2022 Jampidum menyatakan bahwa berkas perkara Sambo telah lengkap dan akan segera disidangkan.

“Persyaratan formil dan materiil telah terpenuhi,” ucap Fadil menjelaskan.