Kejar Target Percepatan Tanam, Penyuluh dan Petani Minasatene Pangkep Mulai Persiapkan Persemaian IP 300

Mengantisipasi datangnya musim kemarau petani diminta mempercepat penyemaian dan penanaman padi sawah. Hal ini kementan lakukan dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan mengantisipasi kemarau Panjang. Maka dari itu, strategi dari kementerian pertanian akan menjamin makannya rakyat yang 267 juta penduduk Indonesia,” ungkap Syahrul. 

Dalam situasi pandemi virus corona (COVID-19) yang belum berakhir ini, tidak menyurutkan langkah Kementerian Pertanian sebagai salah satu garda terdepan dalam upaya penanganan dampak wabah Covid-19. Kementan sesuai arahan Presiden Jokowi dituntut melakukan langkah konkret untuk menjamin ketersediaan pangan terutama di masa pandemi ini.

Mentan Syahrul Yasin Limpo, mengatakan Covid-19 ini adalah tantangan yang nyata yang berdampak sudah tersentuh langsung ke masyarakat. Oleh Karena itu solusi dari Covid-19 ini adalah Medical Solution dan Food Security. Persiapan pangan adalah solusi Covid-19, oleh karena itu kita harus bekerja lebih keras, lebih terpadu dan lebih gotong royong agar makanan rakyat bisa terjamin.

Baca Juga: Tingkatkan Kompetensi Penyuluh PPPK, Polbangtan Kementan Lakukan Asessmen RPL

Di beberapa kesempatan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Prof. Dedi Nursyamsi secara khusus menyemangati Penyuluh Pertanian. Ia mengatakan, mereka harus bekerja mendampingi para petani.

“Penyuluh Pertanian harus aktif dan produktif mendampingi petani agar proses budidaya di lahan sampai masa panen berjalan dengan baik. Jangan sampai ada komoditas pangan yang tertahan. Penyuluh harus memastikan petani tetap menanam, seandainya besok kiamat, maka hari ini harus tetap menanam,” ucap Dedi.

Baca Juga: Program Regenerasi Petani Kementan Diapresiasi Bupati Bone

Demi mendukung hal tersebut, Penyuluh, petani bersama POPT-PHP Kecamatan Minasate’ne, Kabupaten Pangkep, melakukan persiapan persemaian IP.300 varietas Inpari 42, Inpari 9 mekongga dan ciherang untuk musim tanam 2020. Senin, (06/07).

Untuk lokasi persemaian dilakukan di Kelompok Tani Leang Toraja, Desa Panaikang, Kecamatan Minasate’ne, Kabupaten Pangkep yang di ketuai Bapak Haeruddin. Tepatnya pukul 08.0 kegiatan persemaian dilakukan dan dihadiri Ketua Kelompok  Tani Leang Toraja, Toddopulie, massaloe beserta  anggotanya didampingi Koordinator BPP Kec.Minasate’ne Ibu Hj.Mariana, SP, POPT-PHP Bapak H.Manrampasi, SP dan PPL Ibu Mukminah S.P.

Hj. Mardiana selaku Koordinator BPP menuturkan, apa yang kami lakukan ini dikarenakan ketersediaan air Leang Lonrong mencukupi untuk dilaksanakan persemaian IP.300 untuk sekarang ini. Adapun prosesnya yaitu dimulai dari persiapan persemaian dilaksanakan minggu kedua Juli sampai Minggu ketiga Juli 2020 dengan rencana tanam pada awal bulan Agustus dengan Luas 150 ha untuk IP.300.

Baca Juga: Program Regenerasi Petani Kementan Diapresiasi Bupati Bone

Di beberapa kesempatan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Prof. Dedi Nursyamsi secara khusus menyemangati Penyuluh Pertanian. Ia mengatakan, mereka harus bekerja mendampingi para petani.

“Penyuluh Pertanian harus aktif dan produktif mendampingi petani agar proses budidaya di lahan sampai masa panen berjalan dengan baik. Jangan sampai ada komoditas pangan yang tertahan. Penyuluh harus memastikan petani tetap menanam, seandainya besok kiamat, maka hari ini harus tetap menanam,” ucap Dedi. (MUZ).

Bagikan