Kritik Pernyataan Jokowi soal Putusan MK Mengenai UU Ciptaker, Nicho Silalahi: Seharusnya Jadi Dasar untuk Lakukan Impeachment

Terkini.id, Jakarta – Aktivis dan pegiat media sosial, Nicho Silalahi mengkritik pernyataan Presiden Joko Widodo mengenai keputusan Mahkamah Konsitusi (MK) terhadap Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker).

Ia bahkan menilai bahwa pernyataan Presiden Jokowi tersebut bisa dijadikan dasar bagi DPR dan MPR untuk melakukan impeachment atau pemakzulan.

“Jika benar masih ada DPR/MPR RI maka sudah seharusnya rangkaian cuitan ini menjadi dasar untuk Melakukan Impeachment,” kata Nicho Silalahi melalui akun Twitter pribadinya pada Senin, 29 November 2021.

Baca Juga: Nusantara Kurang Cocok, Fadli Zon Minta Ibu Kota Negara Baru...

“Seharusnya seorang Presiden menghormati putusan MK dan mengeluarkan Kepres Menunda Penerapan UU Omnibuslaw. Ia ga sih ?” sambungnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menanggapi keputusan MK bahwa UU Ciptaker inkonstitusional bersyarat.

Baca Juga: Fadli Zon Beri Usulan ‘Jokowi’ Sebagai Nama Ibu Kota Baru,...

Jokowi mengatakan bahwa terkait putusan MK ini, komitmennya dan pemerintah terhadap agenda reformasi struktural, deregulasi, dan debirokratisasi akan terus dijalankan.

“Kepastian hukum dan dukungan pemerintah untuk kemudahan investasi dan berusaha akan terus saya pimpin dan pastikan,” kata Jokowi, Senin, 29 November 2021, dikutip Terkini.id dari akun Twitter resminya.

Ia menegaskan bahwa Pemerintah menghormati dan segera melaksanakan putusan MK Nomor 91/PUU-XVIII/2020.

Baca Juga: Fadli Zon Beri Usulan ‘Jokowi’ Sebagai Nama Ibu Kota Baru,...

Presiden juga mengaku telah memerintahkan kepada Menteri Koordinator dan menteri terkait untuk segera menindak lanjuti Putusan MK secepat-cepatnya.

“MK sudah menyatakan bahwa UU Cipta Kerja masih tetap berlaku. Pemerintah dan DPR sebagai pembentuk undang-undang diberikan waktu paling lama 2 tahun untuk melakukan perbaikan,” kata Jokowi.

“Dengan demikian, seluruh peraturan pelaksanaan UU Cipta Kerja yang ada saat ini masih tetap berlaku,” lanjutnya.

Jokowi menjelaskan bahwa seluruh materi atau substansi dalam UU Cipta Kerja tetap berlaku tanpa satu pun pasal yang dibatalkan oleh MK.

“Saya pastikan kepada pelaku usaha dan para investor bahwa investasi yang telah dilakukan, serta investasi yang sedang dan akan berproses, tetap aman dan terjamin,” katanya.

Bagikan