Kru Maskapai AAI Ini Kenalkan Budaya Indonesia Lewat Tari di Jeddah

Kru Maskapai AAI Ini Kenalkan Budaya Indonesia Lewat Tari Saman di Jeddah

Terkini.id,Sekelompok kru kabin Air Atlanta Icelandic (AAI) yang berasal dari Indonesia memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia melalui Tari Saman pada sebuah festival budaya bertajuk Haj Break Party (HBP).

Tarian tradisional bernuansa Islam asal Aceh menjadi pembuka pada gelaran budaya yang berlangsung Senin lalu, di Azzam Compound Jeddah. Festival tersebut mengusung  tema “Global Summer Festival ” merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh  kru dan manajemen AAI yang berbasis di Jeddah (Jeddah Base).

“Crew dari Indonesia mendapat kehormatan karena mengisi acara pembukaan membawakan tarian tradisional Aceh yang paling terkenal, Tari Saman,” ucap Ajeng Satiti Ayuningtyas, salah seorang kru Indonesia yang juga menjadi penari Saman di acara ini.

Ajeng Satiti Ayuningtyas, salah seorang kru Indonesia yang juga menjadi penari Saman di acara ini/ Instagram

Di sela-sela waktu jedah usai merampungkan tugas melayani jemaah haji pada  fase pemberangkatan, kru kabin AAI memanfaatkan waktu tersebut untuk mempromosikan kekayaan budaya Indonesia.

“Sebagaimana penyelenggaran tahun-tahun sebelumnya, momentum yang dinanti ini memberikan kemeriahan dan semangat bagi para kru. Mereka  telah bekerja keras melewati fase pertama keberangkatan jemaah haji  tahun 2019 ini,” imbuh perempuan asal Jakarta yang baru setahun bergabung dengan AAI sebagai awak kabin.

Diungkapkan Ajeng, HBP merupakan momen yang selalu dinanti para kru dan manajemen AAI sebagai  wadah pelepas penat, sekaligus ungkapan rasa syukur atas lancarnya tugas pada  fase pertama penerbangan (pemberangkatan jemaah) yang telah mereka lewati dengan baik. Selanjutnya  mereka akan kembali bekerja untuk fase kedua, yaitu pemulangan jemaah haji.

Selain tarian tradisional tanah air, aneka tarian lainnya, seperti tarian India, juga ditampilkan oleh kru yang berasal dari negara itu. Demikian juga berbagai tarian dari dari negara lain.

Dengan paduan dekorasi panggung yang memikat, atraksi parodi dan peragaan busana kian menambah samarak dan hangatnya suasana. Sambil menikmati hiburan, pengunjung juga dimanjakan dengan aneka hidangan masakan dari beberapa negara.

Di penghujung acara, pengunjung disuguhi paket hiburan lain, antara lain, mixed music dari para DJ andalan yang berasal dari kalangan kru kabin.

Sementara itu, Kabul Lestari selaku Cabin Base Supervisor, menyebutkan kru kabin dan manajemen AAI yang berasal dari Indonesia kini berjumlah 281 orang.

Festival semacam ini, sambung dia, sengaja digelar tiap tahun untuk memulihkan semangat kerja, menjalin keakraban dan memelihara kekompakan antarawak kabin dan manajemen AAI yang berasal dari berbagai negara.

Awak kabin AAI asal Indonesia terbilang cukup aktif dalam mendukung berbagai kegiatan promosi citra Indonesia yang diselenggarakan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Arab Saudi.

Pada rangkaian kegiatan pameran tunggal Made in Indonesia Expo 2018, beberapa awak kabin dari maskapai tersebut turut mendukung peragaan  busana (fashion show) muslimah dengan menjadi model catwalk bagi karya perancang kondang Dian Pelangi.

Fashion tersebut digelar setahun silam di Balai Nusantara Wisma Konsul Jenderal RI Jeddah dan dihadiri oleh kalangan sosialita Arab Saudi.

Laporan: Ratri Handayani (Kru Kabin AAI), dari Azzam Compound Jeddah, Arab Saudi

Berita Terkait
Komentar
Terkini