Laporan Pertanggungjawaban Sekaligus Evaluasi Pengurus Bumdes Pada Ati Mattabulu

Laporan Pertanggungjawaban Sekaligus Evaluasi Pengurus Bumdes Pada Ati Mattabulu

Terkini.id,Soppeng – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pada Ati,desa Matabbulu, Kecamatan Lalabata, kabupaten Soppeng menggelar rapat Pertanggungjawaban Bumdes, di Aula desa Mattabulu, Selasa 7 Januari 2020.

Dalam acara pelaporan pertanggungjawaban Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) turut diadakan juga penyerahan sembako bagi warga yang tidak mampu.

Pertanggujawaban tersebu turut dihadiri Kepala Desa, tokoh masyarakat, pendamping desa, perangkat desa, dan para pelaku usaha yang dibantu oleh desa.

Bumdes Pada Ati berhasil membukukan pendapatan PAD dari usaha-usaha yang dibantu ini sebanyak Rp68.154.232 dengan menguncurkan dana sebanyak Rp665.318.500.

Dari 11 usaha milik desa yang dikembangkan Bumdes, salah satunya wisata Alam Lembah Cinta berhasil mengambil uang pengujung 120 juta pertahun.

Dari angka tersebut dibagi untuk gaji pengolala, perawatan dan penambahan Spot wisata.

“Adapun yang masuk dalam pendapat asli desa senilai Rp 25 juta. Lembah Cinta ini didanai oleh Bumdes sebanyak Rp189 juta.

Selain itu, PAD kedua terbanyak berasal dari pengolalaan madu, warkop, yang mencapai Rp25 juta dalam setahun, dengan mamasukan PAD kedesa sebanyak Rp3 juta dan Rp4 juta.

Ketua Bumdes Pada Ati, Aride mengatakan bahwa pada tahun 2019 pihaknya berhasil membukukan pendapatan hasil desa Rp13 juta lebih banyak dibandikan pada tahun 2018.

“Kami mengucurkan dana sebanyak Rp600 juta untuk membantu usaha masyarakat dan kesejahteraan masyarakat. Pemasukan kotornya sekitar Rp60 juta, untuk PAD bersihnya sekitar Rp13 juta,” ujarnya.

Dirinya menambahkan kedepannya pihakanya akan membangun unit-unit usaha untuk kesejahteraan masyarakat Desa Mattabulu.

Perlu diketahui BUMDes bertujuan meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa. Selain itu, juga mengembangkan rencana kerja sama usaha antar desa atau dengan pihak ketiga.

“Tujuannya menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga dan  membuka lapangan kerja. Kemudian juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum,” tegasnya.

Komentar

Rekomendasi

Diduga karena Antraks, Delapan Ekor Hewan Mati di Soppeng

Besok Tes CPNS Soppeng, Diskominfo Pastikan Jaringan Stabil

Gubernur Sulsel Minta Agar Toilet Eksklusif Bintang Lima Dibangun di Objek Wisata Lejja

Gubernur Sulsel Menikmati Sensasi Permandian Air Panas Lejja, Ini Manfaatnya

Supriansa : Empat Pilar Membuat Bangsa Kita Kuat

Soal Isu Kelelawar di Soppeng Mengandung Virus Corona, Ini Tanggapan Mantan Wabup Supriansa

Naas, Ibu dan Anak Tewas Kesetrum Listrik Saat Cuci Pakaian

Gandeng ZIS Indosat, IZI Sulsel Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir di Soppeng

Seorang Kades di Soppeng Diduga Mainkan Material Bangunan Rabat Beton

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar