Luas Pulau Lanjukang Kota Makassar Terus Menyusut

Pulau Lanjukang, Kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar

Terkini.id, Makassar – Pulau Lanjukang, Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar memiliki pasir putih dan perairan yang bersih. Lautnya tenang dengan gradasi warna laut yang cantik.

Sayangnya, dibalik keindahan Pulau Lanjukang, pulau ini terancam tenggelam. Luas Pulau Lanjukang saat ini tercatat sekitar 4 hektare. Padahal luas Pulau ini pernah mencapai 7 hektare.

 

“Semakin hari semakin terkikis oleh abrasi. Hampis seperdua luas Pulau Lanjukkang hilang terkikis abrasi,” kata Daeng Jala, Ketua RT di Pulau Lanjukang, Sabtu 19 Oktober 2019.

Pulau Lanjukang dihuni 14 kepala keluarga. Jumlah penduduk sekitar 50 orang. Mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Hasil tangkapan nelayan biasanya dijual langsung ke Kota Makassar.

Jarak tempuh dari Pulau ke Makassar, sekitar 3 sampai 4 jam. Jika menggunakan perahu nelayan.

pulau lanjukang
Pulau Lanjukang, Kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Sangkarrang, Makassar

Sebagai penerang, masyarakat memanfaatkan tenaga generator sebagai sumber listrik. Dalam pulau sudah dibangun sarana jalan setapak, dilengkapi lampu jalan tenaga surya. Untuk air bersih, diambil dari sumur air payau yang ada di bagian tengah pulau.

Pulau Lanjukang belum dilengkapi fasilitas dermaga serta sarana komunikasi. Sarana kesehatan serta Pendidikan juga sangat dibutuhkan masyarakat. “Kalau ada warga sakit, harus dibawa ke Makassar,” ungkap Daeng Jala.

Dalam Rangka identifikasi potensi dan pengelolaan kawasan pesisir, Cabang Dinas Kelautan (CDK) Mamminasata berkunjung ke pulau terluar Kota Makassar, Pulau Lanjukang. Pulau ini erupakan wilayah administratif Kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Sangkarrang.

“Kami mendata kebutuhan mendesak warga,” kata Andi Mei Agung, Kepala CDK Mamminasata.

Berita Terkait
Komentar
Terkini