Makassar Terkini
Masuk

Luhut Binsar Pandjaitan: Hutang Indonesia Terkecil di Dunia

Terkini.id, Jakarta – Luhut Binsar Pandjaitan dikabarkan sudah dua kali bahas hutang Indonesia, kali ini Luhut dikabarkan menyebut hutang Indonesia terkecil di dunia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyampaikan pernyataan itu ketika dirinya berada di Groundbreaking Serang.

Rekaman pernyataan Menteri Luhut itu diunggah oleh channel youtube Narasi Newsroom, dengan judul ‘Luhut: Utang Indonesia Terkecil di Dunia, Iya Gitu? Ini Data Sebenarnya’ sebagaimana dilansir Terkini.id pada Sabtu, 13 Agustus 2022.

“Dan kita salah satu negara yang punya hutang terkecil di dunia,” ujar Luhut Binsar Pandjaitan dalam rekaman itu menyampaikan.

Sementara itu, dilansir dari Narasi Newsroom, hutang Indonesia dikabarkan mencapai Rp. 7.123,63 Triliun pada Juli 2022.

88 persen dari itu adalah surat berharga negara, kemudian sisanya barulah berupa pinjaman baik luar negeri maupun dalam negeri.

Hutang negara memang kerap menjadi pembahasan panas para politisi, pejabat sampai masyarakat Indonesia yang turut mengawal pemerintahan.

Isu besarnya hutang Indonesia telah beredar sejak lama, khususnya pada masa pemerintahan Presiden Jokowi, namun isu itu bertentangan dengan apa yang disampaikan oleh Luhut.

Menurut Menteri Luhut, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hutang terkecil di dunia, dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Narasi Newsroom juga mengabarkan bahwa total hutang Indonesia apabila dibagi kepada 257 juta penduduk negeri ini, maka setiap orang harus membayar 25 juta rupiah supaya hutang negara dapat lunas.