Mahasiswa KKN UMI Gandeng Polisi dan Dinkes Jeneponto Gelar Penyuluhan Narkoba

Kasat Binmas Polres Jeneponto, AKP Syahrul membawakan materi tentang Bahaya penyalahgunaan Narkoba dan dampak yang ditimbulkan serta Upaya pencegehannya

Terkini.id, Jeneponto – Mahasiswa KKN Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar penyuluhan bahaya narkoba dan strategi pencegahan penyalahgunaan narkoba, Selasa, 18 Februari 2020.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SMA Babussalam DDI Kassi Kelirahan Tonro Kassi Barat Kecamayan Tamalatea Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan.

Pada kegiatan itu, mahasiswa KKN UMI Makassar melibatkan, Sat Binmas Polres Jeneponto dan Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Jeneponto sebagai pemateri.

Kegiatan dihadiri oleh tokoh pemuda, Karang Taruna Kelurahan Tonro Kassi Barat dan siswa siswi Babussalam DDI Kassi, Lurah Tonro Kassi Barat, Staf Dinas Kesehatan dan anggota Sat Binmas Polres Jeneponto.

Pada kesempatan itu, Kasat Binmas Polres Jeneponto, AKP Syahrul membawakan materi tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba dan dampak yang ditimbulkan serta Upaya pencegehannya.

“Penyalahgunaan Narkoba disebabkan oleh berbagai macam faktor diantaranya, Keinginan untuk mencoba, ingin tampil beda, kurang percaya diri dan akhirnya menjadi ketergantungan, dan tekanan kerja atau tekanan belajar sehingga mencari cara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh melalui penyalahgunaan narkoba,” Kata AKP Syahrul.

Menggunakan narkoba sebagai gaya hidup (life style) menurutnya, penyalahgunaan  Narkoba dapat berdampak buruk bagi fisik dan psikis, diantaranya, gangguan pada system saraf,seperti kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, kerusakan saraf tepi.

“Dampaknya dapat terjadi gangguan pada jantung dan pembuluh darah, gangguan pada kulit dan gangguan pada paru-paru seperti, penekanan fungsi pernapasan hingga kesulitan bernafas, pengerasan jaringan paru-paru,” jelasnya.

AKP Syahrul, mengungkapkan, melihat dampaknya yang begitu berbahaya bagi generasi muda dan seluruh lapisan masyarakat bangsa Indonesia, maka perlu dilakukan upaya pencegahan

“Dengan kegiatan penyuluhan bahaya narkoba ini adalah suatu upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba,” tutup AKP Syahrul.

Komentar

Rekomendasi

Bupati Jeneponto Belasungkawa Meninggalnya Ibunda Presiden Jokowi

Pimpin Rapat Terbatas dengan Forkopimda, Bupati Jeneponto Harap Koordinasi Intens Cegah Corona

Cegah Covid-19, Mulyadi Mustamu Imbau Masyarakat Ikuti Instruksi Pemerintah

Anggota DPRD Sulsel ini Himbau Warga Konsumsi Sayur Kelor

3 Anggota DPRD Sulsel Temui Tim Gugus Tugas Covid-19 Jeneponto, Bahas Apa ya?

Tripika Kecamatan Bangkala Bersama AMUBA Sterilkan Pasar dan Masjid

Wabah Covid-19, PB HPMT Tindaklanjuti Instruksi Bupati Jeneponto

Cuitan Dokter Soal APD Seadanya, Sekda: Ada Uang Tapi Barang Tidak Tersedia

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar