Mahasiswa UINAM Terpaksa Kuliah Online karena Wabah COVID-19

Toilet Mahasiswi
Kampus UIN Makassar / (#

Terkini.id, Makassar – Beberapa hari setelah status darurat diberlakukan di Indonesia, sejumlah universitas pun turut serta mengambil langkah untuk mencegah persebaran Corona, salah satunya dengan cara mengubah metode pembelajaran dari tatap muka menjadi online.

Salah satunya adalah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAIM).

Rektor Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Prof Hamdan memutuskan meliburkan kuliah tatap muka antara mahasiswa dan dosen di kampus, untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Namun, kuliah tetap berlangsung melalui online.

Libur kuliah tatap muka terhitung mulai hari Jumat, tanggal 20 Maret hingga 31 Maret 2020 mendatang untuk sementara. Akan tetapi hal tersebut diperpanjang sampai akhir perkuliahan semester genap tanggal 12 Juni 2020 mendatang.

Demikian seperti tertulis dalam surat edaran Rektor UIN Alauddin Makassar Nomor:B-809/Un.06.I.PP.00.09/03/2020 tanggal 15 Maret 2020 tentang upaya Pencegahan Penyebaran Infeksi Covid-19 di Lingkungan UIN Alauddin Makassar.

Menarik untuk Anda:

Berikut 9 poin dalam surat edaran tersebut :

1. Perkuliahan secara online (daring) diperpanjang sampai akhir perkuliahan semester genap tanggal 12 Juni 2020.

2. Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) dilaksanakan Amalia ara daring sesuai kalender akademik.

3. Konsultasi akademik dan kemahasiswaan, berupa seminar dan ujian yang berkaitan skripsi, tesis, dan disertasi, serta kegiatan penelitian dapat dilakukan secara daring dengan tetap memperhatikan aturan dan norma akademik yang berlaku

4. Kegiatan praktikum yang menunjang pembelajaran ditiadakan, sedangkan praktikum untuk tugas akhir dibolehkan dengan prosedur yang ketat sertam mengutamakan keselamatan dan kesehatan.

5. Dalam pemberian tugas, dosen harus mengedepankan asas proporsional dan memperhatikan kondisi psikologis mahasiswa.

6. Pimpinan Fakultas/Pascasarjana melaporkan pelaksanaan kegiatan akademik daring sebagai bahan evaluasi di tingkat universitas.

7. Pelaksanaan Wisuda Angkatan ke-86 dijadwalkan pada bulan Juni 2020.

8. Seluruh keluarga besar UIN Alauddin Makassar diharapkan mengikuti arahan pemerintah untuk melakukan physical distancing.

9. Hal-hal yang bersifat teknis terkait pembelajaran daring ini akan dituangkan dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) tersendiri.

Perpanjangan kuliah online tersebut untuk menindaklanjuti Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia No. 697/03/2020 tanggal 26 Maret 2020 tentang Perubahan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam tentang Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Surat edaran yang ditandatangani Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Hamdan itu menginformasikan wisuda pada bulan 4 Angkatan ke-86 ditunda pelaksanaannya dan akan dilaksanakan pada bulan Juni 2020.

“Semua kegiatan yang berkaitan dengan konsultasi akademik dan kemahasiswaan, berupa seminar dan ujian yang berkaitan skripsi, tesis, dan disertasi, serta kegiatan penelitian dapat dilakukan secara daring,” bunyi SE poin 3.

Citizen Reporter : Nanna Fitri Amalia

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Bahas Kepemimpinan Generasi Milenial, HMJ Komunikasi UINAM Gelar Diskusi Publik

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan, BEM Unsa Makassar Gelar Bazar Penggalangan Dana Mubes

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar