Makin Aman, Kini Sudah Ada Cat Pelapis Pembunuh 99,9 Persen Virus Corona

Terkini.id – Peneliti di Virginia Polytechnic Institute dan State University telah menemukan lapisan cat yang dapat membunuh 99,9 persen virus Corona.

Hebatnya, cat ini bisa membunuh pada permukaan padat hanya dalam satu jam.

Lapisan pada cat ini terdiri dari tembaga oksida (Cu2O), senyawa kimia kemerahan yang biasa ditemukan pada cat keramik dan glasir, serta cat antifouling yang dimaksudkan untuk menjaga kehidupan laut, seperti teritip, agar tidak menempel di lambung kapal.

Baca Juga: Update Covid-19 Kamis 23 Juni, Tambah 1.907 Kasus Baru

“Setelah satu jam [dioleskan] pada kaca berlapis atau baja tahan karat, titer virus rata-rata berkurang sekitar 99,9 persen dibanding sampel yang tidak dilapisi,” kata para penulis dalam makalah baru yang diterbitkan dalam jurnal ACS Applied Materials & Interfaces, dikutip dari cnnindonesia, Rabu, 13 Oktober 2011. 

Artikel tersebut menjelaskan, partikel tembaga oksida terikat bersama poliuretan, polimer yang biasa digunakan dalam segala hal mulai dari spons busa hingga isian untuk furnitur berlapis kain.

Baca Juga: Kasus Penipuan Bansos Corona, Inilah Fakta Menarik Mitsuhiro Taniguchi

Bahan dasar poliuretan sangat ideal karena sudah ada di banyak lapisan untuk benda sehari-hari.

Dilansir dari CNN Indonesia, rekan penulis studi William Ducker, seorang profesor teknik kimia di Virginia Tech, mengatakan bahwa ketika lapisan cat dioleskan di permukaan padat, virus yang telah tertimpa oleh lapisan tersebut akan dinonaktifkan.

“Virus di dalam tetesan akan dinonaktifkan,” katanya.

Baca Juga: Kasus Penipuan Bansos Corona, Inilah Fakta Menarik Mitsuhiro Taniguchi

Menurut Ducker lapisan tersebut sangat kuat. Ketika timnya menggoresnya dengan pisau silet, lapisan itu tidak terkelupas.

Dan setelah direndam dalam air selama seminggu, ia masih mempertahankan sifat antivirusnya.

1 2
Selanjutnya
Bagikan