Malaysia Ikut Larang Boeing 737 Max 8, Ini Daftar Negara yang Telah Melarang

Boeing 737 Max 8
Boeing 737 Max 8

Terkini.id, Kuala Lumpur – Pemerintah Malaysia kini ikut negara-negara lain resmi melarang Boeing 737 MAX 8 terbang di negeri tersebut.

Malaysia mengikuti delapan negara lain yang sudah lebih dulu melarang pesawat itu.

“Otoritas Penerbangan Sipil Malaysia melarang operasi Boeing 737 MAX 8 terbang dari dan ke Malaysia sampai ada pemberitahuan selanjutnya,” terang Kepala Eksekutif Otoritas Penerbangan Sipil Malaysia Nizar Zolfakar seperti dilansir AFP, Selasa 12 Maret 2019.

Zolfakar mengungkapkan, pertimbangan dalam melarang pesawat itu kurang lebih sama dengan negara lain, yakni karena sudah dua kecelakaan fatal dalam waktu kurang dari lima bulan.

Pemerintah Malaysia mengungkapkan, saat ini tidak ada operator yang menerbangkan pesawat model tersebut.

Meski begitu, Malaysia Airlines diketahui telah memesan beberapa pesawat Boeing 737 MAX 8.

Pemerintah telah meminta Malaysia Airlines mengkaji kembali pembelian itu.

Berikut negara-negara yang telah melarang 737 Max 8:

– China

Maskapai penerbangan di China termasuk tiga besar operator di sana, yakni China Airlines, China Eastern dan China Southern mengoperasikan 97 pesawat. Data itu menurut media yang dikelola pemerintah.

– Singapura

Singapura melarang pesawat Boeing 737 Max keluar masuk Singapura pada Selasa 12 Maret 2019.

Otoritas Aviasi Sipil Singapura (CAAS) menyatakan pihaknya “menghentikan sementara operasi semua varian pesawat Boeing 737 MAX dari dan ke Singapura” terkait dua kecelakaan belum lama ini.

– Argentina

Maskapai Argentina mulai hari ini ikut Malaysia mengandangkan pesawat Boeing 737 MAX 8.

– Australia

Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil Australia hari juga telah melarang penerbangan Boeing 737 MAX dari dan ke Australia.

– Korea Selatan

Kementerian Transportasi Korea Selatan (Korsel) menyatakan dua pesawat Boeing 737 MAX 8 yang dioperasikan maskapai Eastar Jet akan dikandangkan sementara menunggu hasil pemeriksaan.

– Mongolia

Otoritas Aviasi Sipil Mongolia menyatakan bahwa pihaknya telah memerintahkan maskapai nasional MIAT Mongolian Airlines untuk mengandangkan satu-satunya pesawat Boeing 737 MAX 8 yang dioperasikan maskapai tersebut.

– Indonesia

Indonesia juga mengandangkan pesawat-pesawat Boeing 737 MAX 8 yang dimiliki maskapai Garuda Indonesia dan Lion Air. Pemeriksaan pesawat sedang dimulai.

– Meksiko

Maskapai Aeromexico di Meksiko untuk sementara menangguhkan penggunaan enam pesawat Boeing 737 MAX 8.

– Ethiopia

Di Ethiopia, maskapai terbesar di Afrika, Ethiopian Airlines telah meng-grounded empat Boeing 737 MAX 8 yang tersisa dalam armadanya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini