Mengenal Deretan Calon Wali Kota Makassar dari Berbagai Latar Belakang

Mengenal Deretan Calon Wali Kota Makassar dari Berbagai Latar Belakang

Terkini.id,Makassar – Meski pemilihan Wali kota dan Wakil Walikota Makassar (Pilwalkot) masih cukup lama, namun beberapa bakal calon dari berbagai latar belakang sudah mulai beredar.

Beberapa diantaranya yang ramai dibicarakan adalah mulai dari mantan birokrat, advokat, politisi, pengusaha, hingga jebolan jurnalis, mulai bermunculan di sejumlah media massa dan media sosial.

Berdasarkan penelusuran MAKASSAR TERKINI, berikut ini nama – nama bakal calon wali kota Makassar yang mulai mencuat di publik:

Mohammad Ramdhan Pomanto

Mantan Walikota Makassar periode 2014-2019, Danny Pomanto mendapat pujian dari Dubes dan Menlu Singapura.

Mohammad Ramdhan Pomanto begitu nama lengkapnya dan Danny Pomanto sapaan akrabnya.

Pria berlatar belakang arsitek dan konsultan tata kota ini dikabarkan akan maju kembali sebagai Calon wali kota Makassar periode 2020-2025.

Meski belum ada pernyataan langsung dari mantan wali kota dengan sejumlah penghargaan ini, tetapi dirinya hanya mengisyaratkan bahwa akan mengikuti instruksi partai.

Diketahui bahwa Pilwalkot 2014 lalu, anak Lorong Makassar ini didukung oleh partai Demokrat.

Lalu Pilwalkot 2018, suami Indira Jusuf Ismail maju lewat jalur independen meski akhirnya didiskualifikasi dan pilkada Makassar dimenangkan kolom kosong.

Adi Rasyid Ali

Ketua DPC Demokrat Kota Makassar, Adi Rasyid Ali. /Nasruddin

Bagi kalangan politisi sosok nama Adi Rasyid Ali mungkin tidak asing lagi. Betapa tidak, pria ganteng ini tercatat sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Makassar.

ARA, sapaan lainnya, adalah Wakil Ketua DPRD Kota Makassar. Namanya juga ramai dibicarakan oleh sejumlah kalangan untuk ikut berpesta demoktasi pada 2020 mendatang.

Aliyah Mustika Ilham

Aliyah Mustika Ilham

Aliyah Mustika Ilham adalah seorang politisi perempuan dari Partai Demokrat. Ia tercatat sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019 dan saat Pileg 17 April 2019 kemarin.

Istri mantan wali kota Makassar Ilham Arif Sirajuddin ini kembali terpilih menjadi wakil Rakyat di Senayan.

Ketokohannya tidak perlu dipertanyakan lagi. AMI juga kini menjabat sebagai Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kota Makassar, dan aktif di banyak organisasi lain.

Irman Yasin Limpo

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo/foto: ist

Irman Yasin Limpo adalah Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan.

Pria yang akrab disapa None itu merupakan adik kandung mantan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo. None lahir di Makassar, 24 Agustus 1968.

Sejumlah posisi strategis pernah dijalankan None, seperti Kepala Disperindag Sulsel, Kepala BKMD Sulsel, dan Penjabat Bupati Luwu Timur.

Irman Yasin Limpo sudah pernah ikut berkompetisi di Pilwalkot 2013 lalu berpasangan dengan Busrah Abdullah dengan julukan NOAH. Tahun 2020, None disebut menjadi salah satu bakal calon kuat di Pilwali Makassar.

Arman Hanis

Pendiri Hanis & Hanis Advocates Arman Hanis, terpilih sebagai Ketua DPC Peradi Jakarta Pusat periode 2018-2023.

Arman Hanis merupakan salah satu nama yang kini ikut dibicarakan untuk meramaikan pesta demoktasi di kota Makassar. Advokat kondang ini juga dikabarkan akan maju sebagai calon wali kota Makassar periode 2020-2025.

Bagi yang bergerak di dunia hukum Indonesia ataupun kalangan Advokat tentunya nama sosok pria kelahiran Makassar ini sudah tidak asing. Ia ternyata Ketua IKA Angkatan 1992 Fakultas Hukum Unhas

Kesuksesannya di dunia hukum mengantarkan dirinya menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC PERADI) Jakarta Pusat periode 2018-2023.

Arman begitu panggilannya juga tercatat sebagai pendiri Hanis & Hanis Advocates.

Syamsu Rijal

Deng Ical

Dr.H. Syamsu Rizal MI, S.Sos, M.Si begitu nama lengpanya. Panggilannya Deng Ical adalah mantan wakil wali kota Makassar.

Deng Ical sukses mendampingi Danny Pomanto selama lima tahun untuk membangun kota Makassar. Saat ini, namanya juga mencuat di masyarakat untuk layak menjadi wali kota Makassar.

Pengalamannya tidak usah diragukan lagi. Ia juga pernah menjadi anggota DPRD Kota Makassar, kemudian saat ini tercatat sebagai Ketua PMI Kota Makassar.

Tidak sedikit masyarakat Makassar menginginkan beliau terpilih menjadi wali kota Makassar periode mendatang.

Andi Rachmatika Dewi

Andi Rachmatika Dewi

Mendengar nama Andi Rachmatika Dewi tentu kita teringat pada sosok wanita cantik berlatar belakang seorang dokter gigi.

Cicu, begitu sapaan akrabnya ternyata mantan penyiar radio dan mantan anggota DPRD Kota Makassar partai Golkar. Pileg 2014 lalu, Cicu maju sebagai caleg DPRD Propinsi partai Nasdem.

Alhasil wanita cantik berkacamata kelahiran Makassar, 27 Oktober 1983 ini lolos dan menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Propinsi.

Tahun 2018 lalu pesta demokrasi pemilihan kepala Daerah (Pilkada), Andi Rachmatika Dewi maju sebagai Calon Wakil Wali Kota Makassar mendampingi Munafri Arifuddin. Namun, pasangan ini harus ikhlas karena dikalahkan oleh kotak kosong.

Pada pilkada 2020 mendatang, nama Andi Rachmatika Dewi juga ramai dibicarakan masyarakat. Untuk maju menjadi Calon Wali Kota Makassar.

Tamsil Linrung

Tamsil Linrung

Tamsil Linrung tentu bukan nama asing dalam dunia pergerakan dan politik tanah air. Ia pernah menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014 dari Fraksi PKS.

Ia juga bergabung dengan ICMI hingga DDII. Sosoknya yang sudah di level nasional ini tentu menjadi salah satu penilaian masyarakat sehingga banyak yang aktif membicarakan sosoknya untuk layak menjadi calon Wali kota Makassar periode 2020-2025.

Kiprah Tamsil Linrung di Senayan harus berakhir karena Ia memilih bertarung menjadi anggota DPD RI. Alhasil di Pemilu 14 April 2019 lalu mengantar Tamsil Linrung untuk kembali ke Jakarta sebagai Anggota DPD RI.

Sebelumnya, Tamsil Linrung juga pernah ikut menjadi salah satu Calon Wali Kota pada Pilkada 2013. Berpasangan dengan Ustadz Das’ad Latief.

Sukriansyah Latief

Sukriansyah Latief

Figur Sukriansyah Latief (Uki) yang selama ini dikenal sebagai sosok profesional dan jurnalis senior dan saat ini tengah menjabat sebagai Staf Khusus Menteri Pertanian RI dan Komisaris di salah satu Perusahaan BUMN.

Munculnya figur Uki dalam perbincangan di sekitar Pilwalkot cukup menyedot perhatian kalangan netizen. Disamping karena dinilai merupakan figur pembawa angin segar dalam percaturan elite politik Makassar, kemunculannya langsung disambut hangat oleh publik Makassar, khususnya pengguna medsos.

Berita Terkait
Komentar
Terkini