Mengintip Masjid Terdalam di Indonesia, di Kedalaman 1.760 Meter

Terkini.id, Papua – Jika Anda bertanya di mana tempat beribadah paling dalam di Indonesia? jawabannya adalah masjid di kawasan tambang emas Freeport.

Ya, Freeport yang berada di Pulau Papua, memang menyimpan banyak sekali keunikan.

Mungkin Anda pernah tahu jika ada kawasan tempat tinggal elit yang bernama Kota Kuala Kencana yang luar biasa modern-nya.

Padahal, kebanyakan wilayah Papua sendiri masih sangat tertinggal dan dikelilingi oleh wilayah hutan.

Nah, ternyata bukan cuma itu saja, tempat ibadah yang ada di kawasan pertambangan ini pun terbilang unik karena berada jauh di dalam perut bumi. Daripada penasaran, kita lihat saja bagaimana penampakan dari tempat ibadah para karyawan tersebut.

Masjid Baabul Munawwar di Kedalaman 1.760

Suasana di masjid terdalam di Indonesia.(facebook.com/ignasius jonan)
Suasana di masjid terdalam di Indonesia.(facebook.com/ignasius jonan)

Perusahaan besar pasti punya fasilitas ibadah yang memadai untuk memenuhi kebutuhan spiritual para karyawan.

Begitu pula yang dilakukan oleh PT Freeport Indonesia dengan masjid Baabul Munawwar-nya. Masjid ini diresmikan pada bulan Juni 2016 lalu –hasil rancangan dari arsitek Alexander Mone (lulusan BINUS) dan struktur pengerjaan oleh Andrew Parhusip ( Institut Teknologi Bandung). Baabul Munawwar bisa menampung sekitar 250 jamaah.

Berlokasi di daerah Tembagapura, Timika, Papua, Baabul Munawwar terbilang unik karena berada 1.760 di dalam perut bumi. Tempat yang ada di dalam perut bumi ini sendiri dimaksudkan untuk mempermudah para karyawan muslim yang ingin beribadah.

Area masjid ini berbentuk lorong lengkap dengan hiasan dinding dan lampu-lampu gantung di sekelilingnya. Masjid ini juga dilengkapi dengan alat yang bisa menyedot udara kotor ke luar ruangan.

Masjid ini sudah memegang rekor MURI sebagai masjid terdalam di kedalaman 1.760 di bawah permukaan tanah, bersama dengan gereja Oikumene Soteria.

Masjid Tertinggi: Al-A’raaf

Nah, jika Anda bertanya tempat beribadah paling tinggi di Indonesia, jawabannya juga ada di kawasan Grasberg, Freeport.

Masjid ini berada di ketinggian elevasi tertinggi 3.730 meter di atas permukaan laut (area Grasberg), masjid ini diberi nama Al-A’raaf. Tiga rumah ibadah ini tentu saja sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan ibadah kurang lebih 32 ribu karyawan Freeport.

Atas capaian ketinggian dan kedalaman letak tiga rumah ibadah tersebut, maka mereka mendapatkan piagam catatan dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) sebagai masjid terdalam di Indonesia bahkan dunia.

Berita Terkait
Komentar
Terkini