Menjadi Narasumber Pada Acara Perubahan Iklim Dunia, Polda Kalbar Jelaskan Penanganan Karhutla

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Madrid- Penanganan kebakaran hutan dan lahan yang dialami Provinsi Kalimantan Barat di tahun 2019 membawa Provinsi Kalbar turut menjadi pembicara dalam acara Konferensi Perubahan Iklim 2019 yang diadakan di Madrid, Spanyol. Kapolres Sambas Akbp Permadi Syahids Putra ditunjuk Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono untuk mewakili Provinsi Kalimantan Barat menjadi narasumber.

Konferensi yang berlangsung pada Senin 9 Desmber 2019 bertempat di United Nations Climate Change Madrid Spain, hadir juga pada kegiatan ini Wakil Menteri LHK Dr Alue Dohong.

AKBP Permadi Syahids menyampaikan dalam sambutannya saat menjadi narasumber dihadapan para peserta konferensi, bahwa Provinsi Kalimantan Barat mendapatkan penghargaan terbaik dalam penanganan karhutla oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Penanganan Karhutla di Provinsi Kalimantan Barat yang menurut penilaian dari menteri KLHK , merupakan yg terbaik penanganan karhutlanya. Ini karena kami di Provinsi Kalbar melakukan sinergri dari unsur Polri, TNI, Pemerintah, Mangga Agni dan Masyarakat untuk bersama sama terjun langsung melakukan penanganan karhutla,” ucapnya

AKBP Permadi juga mengungkapkan, bahwa edukasi terhadap masyarakat tentang pencegahaan atau membuka lahan tanpa dibakar terus dilakukan sampai saat ini dan beberapa program yang sudah dibentuk untuk menghindari kebakaran hutan.

Menarik untuk Anda:

“Kami lakukan pencegahan dan mitigasi karhutla dengan metode bertani tanpa bakar (PLTB) yg dilaksanakan oleh Polres Sambas bekerja sama dengan Badan restorasi gambut Indonesia (BRG),” lanjutnya

Dalam kesempatan ini dihadapan para peserta konferensi dunia Akbp Permadi juga menjelaskan strategi Polda Kalimantan Barat untuk mencegah karhutla.

“Polda Kalimantan Barat memiliki Operasi Kepolisian dengan sandi Bina Karuna 1 dimana operasi ini melakukan himbauan, dilanjutan dengan Bina Karuna 2 hingga Operasi Kontijensi jika memang ada titik api,” ungkapnya.

Kegiatan konferensi perubahan iklim 2019 ini juga diadakan sesi sharing dan tanya jawab terkait iklim yang dihadapi dunia.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Beras Untuk Masamba, Program Tanggap Bencana MASIKA ICMI Orail Sulewesi-Selatan

Resep Tajir Sebelum Tua Oleh Budi Hikmat Bahana Pada Seminar PESyar Makassar 2020

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar