Makassar Terkini
Masuk

Merasa Tidak Dilibatkan Menaker dalam Pembuatan Aturan JHT, KSPSI Akan Layangkan Gugatan ke PTUN

Terkini.id, Jakarta – Aturan JHT cair 56 tahun mendapat penolakan dari buruh. Sebagai bentuk penolakan, buruh terus melakukan unjuk rasa di sejumlah daerah.

Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) rencananya akan mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta karena merasa tidak dilibatkan Menaker dalam pengambilan keputusan ini.

KSPSI rencananya akan melayangkan gugatan hari kamis mendatang ke PTUN sebagai bentuk penolakan aturan ini.

“Kami akan menggugat permenaker Nomor 02 Tahun 2022 ke PTUN Jakarta” kata Andi Gani Nena Wea, dikutip dari kanal YouTube tvOneNews, Selasa 22 Februari 2022.

Screenshot kanal YouTube tvOneNews.

“Jadi hari kamis, kami dengan tim yang dipimpin oleh pak Abdullah wakil presiden KSPSI bersama tim DPP mengajukan gugatan, mendaftarkan gugatan karena yang disampaikan menaker sudah melibatkan serikat pekerja  tapi itu hanya klaim”, katanya lagi.

Andi Gani mengatakan Menaker telah mengklaim melibatkan buruh dalam pengambilan keputusan itu, tapi pada kenyataannya sama sekali tidak melibatkan buruh.

“Kami sebagai serikat buruh terbesar di tanah air tidak pernah dilibatkan dalam pembicaraan permenaker nomor 02 tahun 2022”, tegasnya.

Kendati demikian, Menaker Ida Fauziah menjelaskan JHT didesain untuk dimanfaatkan pekerja di hari tua.

Sementara untuk pekerja yang terkena PHK akan mendapat Jaminan Kehilangan Pekerjaan atau JKP.

“Menurut kami tepat karena kita sudah memiliki bantalan berupa Jaminan Kehilangan Pekerjaan JKP”, kata Menaker Ida Fauziyah, dikutip dari kanal YouTube tvOneNews.