Mimpi Indah Walikota TP, Kini Terwujud Nyata di RS HAH

RS dr Hasri Ainun Habibie
RS dr Hasri Ainun Habibie

Terkini.id, Parepare – Mimpi indah seorang Walikota Parepare, Taufan Pawe, yang juga putra Kota Parepare tersebut, untuk menghadirkan rumah sakit bertaraf regional di Kota Parepare, sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan medical tourism di Kota Parepare.

Mimpi itu kini dapat dilihat secara langsung di Rumah Sakit dr Hasri Ainun Habibie, yang kini berdiri megah di pelataran sungai Salo Karajae, Tonrangeng, Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare.

Yah RS tersebut awalnya menjadi sebuah mimpi indah DR. HM. Taufan Pawe, SH, MH. Untuk menghadirkan RS di pelataran Sungai Karajae, karena selain memiliki lahan yang cukup, juga memberikan dampak positif terhadap kemajuan ekonomi, melalui teori Medical Tourism, berwisata sembari berobat, kata lainnya.

Mimpi yang telah dimulai pada 2015 yang lalu, dengan pemasangan tiang pancang dan juga pembangunan tiga lantai bangunan, berkat bantuan keuangan dari pemerintah pusat, kemudian dilanjutkan pada bantuan keuangan selanjutnya oada tahun 2016 sehingga sempurna menjadi tujuh lantai dalam satu towernya.

Bangunan itupun menjadi spekulasi beberapa pihak, termasuk sejumlah masyarakat menilai jika bangunan itupun tidak akan pernah terwujud menjadi sebuah RS.

Hal itupun diperparah dengan kondisi keuangan negara yang sedang fiskal, sehingga selama dua tahun masa anggaran, mulai tahun 2017-2018 RS itupun tidak mendapatkan suntikan dana.

Tepat pada tahun 2019, Walikota Parepare yang dilantik pada periode kedua pada tanggal 31 Oktober 2018 oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah, memutar otak untuk bisa mendapatkan anggaran lanjutan.

Maka dirinya sendiri berupaya untuk menjemput program prioritas Pemerintah Provinsi Sulsel, dibawah kepemimpinan Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah, untuk menghadirkan RS Regional di beberapa daerah yang ada di Sulsel.

Berkat kolaborasi yang kuat antara kedua putra Kota Parepare tersebut (Nurdin Abdullah dan Taufan Pawe), maka kemudian keduanya berfikir untuk sama-sama menghadirkan RS dr Hasri Ainun Habibie, untuk masyarakat Kota Parepare dan juga masyarakat yang berada di sekitar Kota Parepare.

Selain itu dengan hadirnya RS ini juga menjadi bukti kecintaan Taufan Pawe dan Nurdin Abdullah terhadap sosok Bapak BJ Habibie, yang lebih dulu telah menghadap kepada sang Illahi.

Kini RS dr Hasri Ainun Habibie, bahkan telah dinikmati masyarakat Kota Parepare, dan juga masyarakat di luar Kota Parepare, sejak resmi digunakan pada 26 Februari 2020 yang lalu, dan dalam waktu dekat ini akan dilakukan lounching dan peresmian RS tersebut.

Walikota Parepare, HM. Taufan Pawe, mengatakan, untuk tahap awal sendiri kita telah melakukan operasional terhadap RS tersebut pada 26 Februari 2020, dan pada saat itu baru terdapat 9 pelayanan poli yang kita buka.

“Polinya baru sembilan yang kita buka namun lambat laun, hingga pada saat sekarang ini dengan kerja yang terintegrasi oleh Manajemen RS HAH, telah mencapai 11 poli, dan akan terus ditingkatkan sesuai kebutuhan dan juga kondisi tenaga medis kita di Parepare ini,”terangnya.

Ketua DPD II Partai Golkar Kota Parepare ini, menjelaskan, RS HAH setelah tahapan peresmian dan grand lounching nantinya, pemerintah akan mulai melakukan tahapan akreditasi atas RS tersebut, itu dilakukan demi memberikan pelayanan yang terbaik, dan menjadi persyaratan Menkes atas setiap pengoperasian rawat inap bagi RS dan penanganan Khusus RS.

“Saat ini RS tersebut sudah sangat siap dan fasilitas yang ada banyak yang lebih baik dari fasilitas RSUD Andi Makkasau, namun kita tentunya masih harus menunggu akreditasi untuk kemudian difungsikan secara maksimal, dan bisa melakukan penangan terhadap penyakit yang berskala khusus,”urainya.

Dirinya mengajak, kepada seluruh masyarakat Kota Parepare untuk tetap mensyukuri dan terus memberikan doa terbaik bagi Pemerintahan di Kota Parepare, sehingga pembangunan yang pro kepada rakyat terus diwujudkan.

“Mari kita sama-sama doakan semoga kelanjutan beberapa tower lagi di RS ini bisa kita wujudkan, yang jelas mimpi kita masih ada beberapa tower yang sama-sama kita wacanakan untuk kita wujudkan bersama,”urai mantan praktisi hukum ini.

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Walikota Taufan Pawe Minta Penyaluran Bansos Tepat Sasaran

Vidcon Kemendagri, Ini yang Dibahas Walikota Parepare

Taufan Pawe Bilang Setiap Kebijakan Pemerintah Pusat Kami Pasti Akomodir

Begini Cara DLH Parepare Sikapi Aduan Warga

TP Bersama Forkopimda Parepare Pantau Pengalihan Arus di Perbatasan

THR dan Gaji 13 Tengah Dikaji di Tengah Pandemi Corona, Berikut Tanggapan Taufan Pawe

RSUD Andi Makkasau Parepare Ditunjuk Laksanakan TCM Covid-19, Hanya Tiga di Sulsel

Pemkot Parepare Bakal Lakukan Penambahan Box Disinfektan di Pasar Lakessi

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar