Masuk

Netizen Serukan Blokir Kominfo Setelah Situs Games dan PayPal Tidak Bisa Diakses

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Mulai Sabtu 30 Juli 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi memblokir beberapa platform yang belum mendaftar Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Hal ini terjadi karena platform tersebut sudah diberikan teguran terkait pendataran PSE namun hingga batas waktu yang ditentukan tetap tidak menunjukkan itikad baik.

Sampai saat berita ini diturunkan, beberapa platform dari sektor gaming sudah tidak bisa diakses oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Pasca Gempa Cianjur, Kominfo dan Operator Seluler Gerak Cepat Lakukan Pemulihan Jaringan di Daerah Terdampak Gempa

Lima platform games yang sudah diblokir oleh Kominfo adalah Counter Strike, Dota, Epic Games, Origin (EA), dan Steam.

Platform games tersebut tidak memenuhi kewajibannya seperti yang tertera dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Selain games, situs pembayaran online PayPal juga terkena pemblokiran dari Kominfo. Pada Sabtu 23 Juli 2022, Semuel Abrijani selaku Dirjen Aptika Kominfo telah memberikan teguran kepada platform yang belum mendaftarkan PSE.

Baca Juga: Kemkominfo Ajak Pemprov Sulsel Kembangkan Teknologi Informasi Digital

Akibat pemblokiran ini, para netizen mengecam tindakan Kominfo. Beberapa netizen mengeluhkan diblokirnya PayPal karena situs tersebut digunakan untuk melakukan pembayaran antar klien.

Oleh karena itu netizen menyerukan hastag blokir Kominfo atas kejadian pemblokiran ini.

Tangkapan Layar Terkait Boikot Kominfo di Media Sosial Twitter

Berikut ini adalah komentar netizen soal pemblokiran yang dilakukan Kominfo dilansir dari kolom komentar akun Twitter @asumsico, Sabtu 30 Juli 2022.

“K***L @kemkominfo PayPal sumber payment klien gue anj*ng!” seru akun Twitter @muloyoung, dilihat pada Sabtu 30 Juli 2022.

Baca Juga: Nonton TV Digital Tanpa STB? Simak Ulasannya

“Wkwkwk kirain gertakan doang gataunya beneran,” lanjut akun Twitter @rafliprnt14.

“Kenapa gk research user dlu yak main block2 aja,” sambung akun Twitter @magaarsena.

“Uang gue di paypal sih masih dikit, cuman $50, tapi yang udah ribuan dollar weee..” papar akun Twitter @TaemoHyunseop.

“#BlokirKominfo,” ulas akun Twitter @ululabsrdab.

“Kalau ga bisa ngasih kebahagian ke rakyat setidaknya kebahagiaan rakyat jangan direnggut!” imbuh akun Twitter @ubycilembuu.

“Goblok @kemkominfo anda itu goblok…isinya orang orang goblok,” kata akun Twitter @Srigala_id.

“Padahal berguna betul weh paypal,” pungkas akun Twitter @Ochawaa.

Sampai berita ini diturunkan belum ditemukan tanggapan Kominfo terkait pemblokiran beberapa situs games dan situs transaksi pembayaran online ini.