Pelaku Balap Liar di Bulukumba Diberi Sanksi Mengaji dan Disita Kendaraannya

Terkini.id – Maraknya balap liar di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), tidak hanya meresahkan masyarakat, namun juga membahayakan dirinya dan juga pengendara lain.

Untuk mencegah timbulnya korban lalu lintas akibat balap liar, Polres Bulukumba menggelar razia. Namun razia kali ini terbilang unik, sebab para Joki atau pelaku balap liar disuruh mengaji di lokasi razia.

Kasat Lantas Polres Bulukumba, AKP Desi Ayu Dewi Putri mengatakan, nama kegiatan tersebut adalah razia dan mengaji On The Road di salah satu titik yang kerap dilakukan ajang balap liar, di Cekkeng Nursery. 

Baca Juga: Penghujung Ramadan, Rusdi Masse-Fatmawati Rusdi Gelar Bukber hingga Bagi-bagi Sembako...

Kegiatan itu melibatkan polisi lalu lintas bekerjasama dengan Binmas Polres Bulukumba.

“Sanksi yang diberikan selain menyita kendaraannya, para pelaku balap liar juga diminta untuk mengaji di tempat,” kata AKP Desi Ayu Dewi Putri.

Baca Juga: Tebar Kebaikan di Bulan Ramadan, Waroeng Steak & Shake Berbagi...

Satu-persatu pelaku diminta untuk mengaji surat-surat pendek dalam Alquran. Setelah itu mereka diberi edukasi tentang bahaya balap liar dan juga diminta untuk tidak mengulang perbuatannya. 

Serta diminta untuk membantu polisi dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama ramadan. 

“Para pelaku yang mampu mengaji, diberi hadia berupa paket sembako,” ungkapnya.

Baca Juga: Tebar Kebaikan di Bulan Ramadan, Waroeng Steak & Shake Berbagi...

Adapun motor pelaku balap liar yang disita polisi. Akan disita atau dikandangkan selama tiga bulan, serta diminta untuk melengkapi surat-surat dan perlengkapan motor seperti kaca spion sebelum menebus motor mereka di Kantor Lalu Linta Bulukumba.

AKP Desi Ayu Dewi Putri mengungkapkan, selama bulan suci ramadan, polisi telah mengamankan 33 unit sepeda motor pelaku balap liar. 

“Diharapkan metode ini pelaku balap liar yang umumnya masih remaja ini bisa lebih efektif mencegah maraknya aksi balap liar di bulan suci ramadan. Kita juga meminta para orang tua untuk lebih meningkatkan pengawasan kepada anak-anak di rumah,” pungkasnya.

Bagikan