Pelaku Penembakan Brutal di Masjid Selandia Baru Diancam Hukuman Seumur Hidup

penembakan selandia baru
Pelaku penembakan brutal di Masjid Selandia Baru, Brenton Tarrant

Terkini.id, Selandia Baru – Pelaku penembakan mengerikan di masjid Al Noor di Linewood, Christchurch, Selandia Baru merekam aksinya layaknya membuat vlog saat hendak menyerang jamaah yang sedang melakukan shalat Jumat, Jumat 15 Maret 2019 pukul 13.40 waktu setempat.

Rekaman berdurasi 17 menit oleh pria bersenjata itu diunggah olehnya di media sosial. Pelaku penembakkan diyakini adalah Brenton Tarrant (28), seorang pria kulit putih kelahiran Australia berusia 28 tahun.

Hingga saat ini tidak ada informasi mengenai WNI yang menjadi korban dalam insiden tersebut. Adapun di wilayah Christchurch terdapat 331 WNI, termasuk 134 mahasiswa. Jarak Wellington ke Christchurch 440 km.

Dilansir dari Tempo.co, Sabtu 16 Maret 2019, Tarrant dikenai dakwaan pembunuhan setelah melakukan serangan teror terhadap jamaah salat Jumat, yang menewaskan 49 orang dan melukai 48 orang lainnya. Hakim memutuskan Tarrant bakal ditahan hingga 5 April 2019.

“Pelaku tidak mengajukan uang jaminan ataupun meminta agar namanya tidak disebut yaitu Brenton Harrison Tarrant,” ujar Hakim setempat.

Pelaku diancam hukuman seumur hidup

Selandia Baru
Pelaku penembakan brutal di Masjid Selandia Baru, Tarrant

Tarrant, muncul di ruang sidang dalam keadaan kedua tangan terborgol dan hanya diam dalam persidangan perdana yang berlangsung singkat tersebut.

Selama proses persidangan, pelaku terlihat dikawal oleh tiga orang petugas, yang dilengkapi dengan senjata untuk melumpuhkan menggunakan sengatan listrik atau taser.

“Tersangka menghadapi ancaman hukuman penjara seumur hidup,” kata Pengadilan, dilansir dari CNN, Sabtu 16 Maret 2019.

Akun Twitter Kepolisian Selandia Baru melansir Tarrant bakal terkena dakwaan tambahan. “Detail dari dakwaan itu akan dikomunikasikan secepatnya,” ujar Kepolisian Selandia Baru di unggahan Twitternya.

Tarrant menyerang dua masjid di Selandia Baru

Selandia Baru
Penembakan di Selandia Baru

Diketahui, Tarrant menyerang dua masjid di Kota Christchurch. Masjid pertama yang diserang pelaku adalah masjid Al Noor, kemudian  berlanjut ke masjid Linwood, yang letaknya tak jauh dari Masjid Al Noor.

Saat melakukan aksi brutalnya, pria berkebangsaan Australia ini membawa lima senjata termasuk senapan dan bom. Tarrant menembak mati 41 orang di masjid Al Noor dan 7 orang di masjid Linwood. Satu orang lagi meninggal di rumah sakit.

Komentar

Rekomendasi

Legenda NBA Kobe Bryant dan Putrinya Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

KJRI Jeddah Beri Kejutan Paspor Gratis untuk 10 Pemohon di HUT ke-70 Imigrasi

Korban Tewas Akibat Virus Korona Bertambah Jadi 56, Pasien Kritis 324 Orang

Bukan Cuma Sup Kelelawar, Warga Wuhan Diduga Makan Bayi Tikus Hidup

Alasan-alasan Virus Corona Berasal dari Lab Senjata Biologi China di Wuhan yang Bocor

Wabah Virus Corona, Dokter Rumah Sakit di China Ikut Tewas

Demi Konten, Pria Ini Isap Puting Susu Kucing dan Cekik Angsa

Wabah Virus Corona Menyebar, Maskapai Ini Setop Penerbangan ke Wuhan Tiongkok

Iran Kembali Serang Amerika, 3 Roket Menghantam Area Sekitar Kedubes AS

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar