Pemkot Godok Perwali: Izin Usaha Harus Ada Rekomendasi PD Parkir

Dishub Makassar
Parkir Sembarangan, Dishub Makassar 'Gembok' 24 Mobil di Jalan Nusantara

Terkini.id, Makassar – Sebagai upaya menata perparkiran dan kemacetan, Pemerintah Kota Makassar berencana akan mengeluarkan kebijakan baru. Salah satunya dalam hal penerbitan izin usaha.

Kebijakan tersebut nantinya bakal tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwali). Setiap pengusaha yang ingin mengurus izin harus mendapatkan rekomendasi dari PD Parkir.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Makassar Andi Bukti Djufri mengatakan rencana tersebut akan diperkuat oleh Perwali.

“Jadi kita buatkan dulu Perwali supaya ada dasarnya memasukkan salah satu persyaratan untuk membuat izin,” kata Bukti Djufri, Senin, 24 Februari 2020.

Bukti menyebut, setiap toko, restoran, dan jenis usaha lain yang ingin mengajukan izin usaha di DPM-PTSP Makassar wajib melampirkan rekomendasi dari PD Parkir.

Hal itu bertujuan menata perparkiran yang ada di beberapa wilayah di Kota Makassar. Pasalnya saat ini sejumlah usaha tidak memiliki lahan parkir yang memadai.

“Kita pastikan kalau ada usaha tidak memiliki lahan parkir atau memakai bahu jalan sebagai tempat parkir kita tidak akan beri izin atau izinnya kita tidak perpanjang lagi,” tutur Bukti.

Bukti mengakui, selama ini usaha di Kota Makassar lebih banyak mendapatkan izin yang tidak memiliki lahan parkir, sehingga menimbulkan masalah kemacetan.

“Paling banyak usaha ada izinnya itu ternyata tidak punya lahan parkir, dan ternyata itu salah satu penyebab kemacetan karena memakai bahu jalan. Bahkan beberapa restoran tidak memiliki lahan parkir,” pungkasnya.

Bukti menambahkan bahwa saat ini regulasi tersebut akan secepatnya dibuat dan diusulkan untuk dibuatkan Perwali.

“Sekarang baru kita jalin kerjasama dengan PD Parkir kemudian kita buat dasar hukumnya. Sekarang bagian hukum sementara kaji itu,” terangnya.

Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya, Irhamsyah Gaffar mengaku rencana tersebut merupakan gagasan yang baik, sebab kerja sama jalan terbaik dalam menyelesaikan persoalan di Makassar.

Ia menegaskan bahwa seyogyanya tempat usaha, baik berupa ruko, kafe hotel, dan restoran wajib menyediakan lahan parkir.

Sebelum izin usaha terbit, PD Parkir akan melakukan kajian mendalam di lapangan terkait lahan parkir sebelum memberikan rekomendasi.

“Pemberian izin itu harus melalui rekomendasi PD Parkir, ini yang nanti akan kita sampaikan ke pengusaha untuk wajib menyediakan lahan parkir,” tutupnya.

Komentar

Rekomendasi

Cegah Corona, Muslimah Wahdah Makassar Bagikan Vitamin C untuk Masyarakat

Cegah Penyebaran Corona, Damkar Makassar Intens Penyemprotan Disinfektan

Cegah Penyadapan Corona, Iqbal Dorong Transaksi Cashless

Pj Walikota Minta Rumah Ibadah Umumkan Kewaspadaan Virus Corona

Harga Gula Pasir di Pasaran Melonjak di Tengah Pandemi Corona

Bareng GASS, Gerakan Jurnalis Anti Corona Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Masjid

PJ Walikota Makassar Serukan Perantau Tak Mudik Lebaran di Tengah Corona

Banggar DPRD Makassar Siap Lakukan Perubahan APBD, Demi Pencegahan Covid-19

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar