Penandatanganan Piagam Pencanangan Zona Integritas WBK dan WWBM

Penandatanganan Piagam Pencanangan Zone Integritas WBK dan WWBM

Terkini.id,Makassar – Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai (Ka Kanwil DJBC) Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) Padmoyo Tri Wikanto, mengatakan pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI WBK WWBM) merupakan wujud komitmen dari Kanwil DJBC Sulsel.

“Jadi program reformasi ini terus bergulir sejak dari tahun 2007 terus sampai sekarang. Dengan tranformasi kelembagaan ini merupakan wujud komitmen Kanwil DJBC Sulawesi bagian selatan yang tadi disatukan dalam program Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB),”ujarnya.

Lebih Lanjut, Tri Wikanto berharap pencanangan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan pengawasan Kanwil DJBC Sulsel.

“Pencanangan zona integritas ini merupakan suatu momentum yang luar biasa bagi kita semua. Karena ini mencerminkan niat semangat untuk terus melakukan reformasi perbaikan di dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” terangnya

Meski demikian, sambung Tri Wikanto, pencanangan yang dilaksanakan Bea Cukai Sulbagsel tidak hanya dijalankan tapi perlu sosialiasi dan dukungan dari para mitra seperti eksportir, aparat penegak hukum, dan pemerintah daerah untuk saling bersinergi.

Selain itu, Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan Sumiyati menilai dengan ZI WBK WWBM mampu membangun suasana kerja yang lebih baik yang akuntabel dan transparan sesuai peraturan di lingkungan Bea dan Cukai serta mitra kerjanya.

Menurutnya, mengapa pencanangan ini sangat diperlukan, karena tugas Bea cukai begitu penting, yakni pertama, untuk melindungi masyarakat kita dari berbagai macam gangguan barang ilegal dan sejenisnya.

“Tugas lain mencari uang guna mengisi kas negara, dimana uang ini merupakan bagian dari penerimaan pajak yang digunakan untuk membiayai pembangunan di Indonesia seperti infrastuktur, sekolah dan dana transfer ke daerah serta dana desa. Serta memfasilitasi pertumbuhan ekonomi agar membaik. Kalau berbagai macam fasilitas diberikan, maka layanan akan lebih baik,”ungkapnya.

Kalau ini semua dilakukan dengan fair, kata dia, maka akan menciptakan apa suatu kondisi yang sangat baik pula. Karena itu, perlu sinergi dari semua pihak terkait untuk saling bekerja sama menjaga akuntabel transparan.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas bersama mitra kerja dari pihak aparat keamanan TNI-Polri, importir, perbankan, serta perwakilan media.

Berita Terkait
Komentar
Terkini