Masuk

Penyandang Disabilitas Apresiasi Juru Bahasa Isyarat pada HUT RI di Makassar

Komentar

Terkini.id, Makassar – Gegap gempita perayaan HUT ke-77 RI di Kota Makassar melibatkan seluruh kalangan, termasuk bagi penyandang disabilitas.

Abd Rahman Gusdur selaku Koordinator Disabilitas menilai bahwa hal itu merupakan terobosan yang patut diapresiasi.

“Kemajuan yang sangat baik, saat upacara peringatan HUT RI, telah disiapkan adanya juru bahasa isyarat, sehingga semua aspek informasi dapat diserap oleh difabel tuli atau tuna rungu,” ungkapnya, Rabu, 17 Agustus 2022.

Baca Juga: Ada Kelemahan, Wali Kota Makassar Desain Ulang Kendaraan Commo

Menurutnya, hal ini menjadi langkah dan merupakan satu kemajuan dan mewujudkan pembangunan Makassar untuk semua.

Ia pun berharap langkah Danny Pomanto dijadikan contoh dan titik awal bagi pemerintah daerah lainnya dalam melaksanakan kegiatan seremonial.

Selain itu, penempatan kalangan difabel di jajaran VIP menjadi kebanggaan tersendiri. 

Baca Juga: Belum Dapat Ganti Rugi, Warga Keberatan Pemindahan TPU ke Mongcongloe Maros

“Terima kasih Pak Wali Kota Makassar yang telah memberi ruang dan pemenuhan hak kepada kalangan difabel,” tambahnya.

Berbagai penampilan baru dan menarik selalu menjadi daya tarik di Makassar, kalangan disabilitas pun mengaku takjub dan kagum dengan bentangan bendera merah putih yang memenuhi anjungan pantai Losari.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menyebut kehadiran penyandang disabilitas pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2022 di Anjungan City of Makassar, Pantai Losari menunjukkan komitmen nyata, dan keberpihakan pemerintah terhadap pemenuhan hak penyandang disabilitas. 

“Ini bukti pemerintahan kami (Danny-Fatma) mengayomi seluruh entitas masyarakat. Semua warga kota kedudukannya setara, dan mendapatkan hak yang sama,” terang Danny.