Makassar Terkini
Masuk

Perbaikan Ruang Kerja Megawati Gunakan APBN Senilai Rp6 Miliar, Netizen: Wong Licik

Terkini.id, Jakarta – Sebuah tangkapan layar yang diperoleh dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tentang renovasi ruang kerja Megawati Soekarnoputri menjadi hal yang diperbincangkan oleh publik media sosial.

Megawati Soekarnoputri yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN ini diduga berencana melakukan perbaikan ruang kerjanya dengan biaya yang mencapai Rp6 miliar.

Dalam dokumen yang terdapat pada situs lpse.brin.go.id, dokumen tersebut berisi tentang pembukaan tender renovasi ruang kerja Ketua Dewan Pengarah BRIN yang sudah dilakukan sejak 27 Mei 2022.

“Metode Pengadaan: Tender – Pascakualifikasi Satu File – Harga Terendah Sistem Gugur,” isi dari dokumen tersebut, dikutip dari tempo.co, Minggu 17 Juli 2022.

Selain itu, nantinya ruang dewan pengarah yang akan dilakukan perbaikan ialah kantor pusat BRIN yang berlokasi di Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Diketahui bahwa biaya untuk merenovasi ruang dewan pengarah BRIN ini memakai dana dari APBN dengan nilai pagu paket Rp6.109.000.000,00 dan nilai HPS (Harga Perkiraan Sendiri) Rp 6.063.492.327,00.

Terdapat 127 peserta yang ikut dalam program tender renovasi ruang dewan pengarah BRIN itu.

Sampai saat ini, proses lelang tender pengerjaan ruang kerja Ketua BRIN, Megawati Soekarnoputri tersebut sudah dalam tahap pengunduhan dokumen penawaran dari para peserta lelang. 

Pengumuman pemenang lelang akan diketahui pada tanggal 28 Juli 2022. 

Laksana Tri Handoko selaku Ketua BRIN menjelaskan bahwa nantinya ruang dewan pengarah itu akan digunakan oleh semua anggota Dewan Pengarah BRIN.

“Karena memang belum ada ruangannya untuk 9 anggota selama ini,” kata Laksana Tri Handoko.

Berikut ini adalah nama dari anggota dewan pengarah BRIN yaitu Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa, Sudhamek Agoeng Waspodo Sunyoto, Emil Salim, I Gede Wenten, Bambang Kesowo, Adi Utarini, Marsudi Wahyu Kisworo, dan Tri Mumpuni.

Dilansir dari kolom komentar akun Twitter @Tan_Mar3M, Minggu 17 Juli 2022, netizen menanggapinya dengan sinis terkait renovasi ruang kerja BRIN yang memakai dana dari APBN ini.

“Wong cilik yg meres rakyat,” tulis akun Twitter @Muchsin_Dwi, dilihat pada Minggu 17 Juli 2022.

“Renovasinya cuma manghabiskan 6 miliar? Sangat wong cilik sekali,” lanjut akun Twitter @ajuerazr.

“Yg mau di riset apa sih,,wong gelar aja dpt hadiah smua,,kantor di besarin hasil riset gak ada,” tambah akun Twitter @SSudiharjo.

“Rakyat susah..masih bermewah dgn jabatan yg tak tentu arah…” ungkap akun Twitter @AryFadillah72.

“Diawali jadi Wong Cilik, setelah jadi Wong gede malah jadi Wong Licik,” ucap akun Twitter @Alenmrsk.

“Manusia unfaedah…” pungkas akun Twitter @supratmanareaky.