Petugas yang Tak Libur Saat Lebaran, Dinkes Makassar Akan Beri Libur

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin

Terkini.id,Makassar – Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin angkat bicara perihal petugas kesehatan yang tak sempat libur saat lebaran. Hal itu ia sampaikan ketika menggelar halalbihalal di Aula BKPSDMD (Ex Badiklat) Jalan Anggrek Raya No 2, Makassar, Kamis, 13 Juni 2109.

“Untuk pegawai yang tak sempat mengambil libur kemarin, akan diberikan waktu libur di hari lain,” kata Naisyah.

Keputusan tersebut, kata dia, berdasarkan  edaran Menpan RB, “Semua petugas yang memberikan pelayanan publik langsung dan tidak libur pada saat cuti bersama akan diberikan libur pada hari-hari lain pada saat mereka membutuhkan,” ujarnya mengutip pesan Menpan RB.

Terkait waktu libur bagi petugas kesehatan yang tetap bertugas. Naisyah mengatakan, sebelumnya mereka mengabil libur saat hari Natal.

“Atau hari lain kapan dia butuh. Bayangkan Puskesmas itu tidak libur sama sekali, biar pun hari Lebaran,” ungkapnya.

Sebelumnya, Naisyah menginstruksikan 52 rumah sakit dan 47 Puskesmas di Kota Makassar tetap beroperasi dan melayani pasien selama libur lebaran.

“Tidak ada alasan untuk tidak melayani pasien,” kata Naisyah, Rabu 29 Mei 2019.

Naisyah mengatakan, fasilitas rawat inap di Puskesmas terbuka 24 jam selama libur panjang lebaran. Layanan darurat Home Care juga disiagakan selama 24 jam.

Menurut Naisyah, Kota Makassar punya 3 ribu tenaga dokter, 6 ribu perawat, dan 3 ribu bidan. Petugas kesehatan ini tersebar di semua rumah sakit dan Puskesmas di Kota Makassar.

“Masyarakat jangan khawatir,” pungkasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini