Pintu Air Waduk Bili-Bili Dibuka: Warga Diminta Tidak Berkegiatan di Muara Sungai

Terkini.id, Makassar – Bendungan Bili-Bili  di Kabupaten Gowa dengan nomor registrasi 7306.05.17.068 pada hari ini Rabu, 10 Maret 2021 jam 06.00 WITA disampaikan bahwa elevasi Bili Bili + 99,67 Mdpl, (elevasi normal + 99,50 Mdpl, elevasi waspada + 101,70). 

“Olehnya itu, sesuai  SOP dan untuk menurunkan elevasi waduk Bili Bili, maka pada jam 06.30 WITA, kami akan menambah pembukaan pintu menjadi 200 cm,” demikian disampaikan oleh Kepala Balai BBWS Pompengan Jeneberang.

Dalam informasi yang beredar di sejumlah group perpesanan itu, infonya ditujukan kepada gubernur Sulsel, BPBD Sulsel, Wali Kota Makassar, Bupati Gowa, BPBD Gowa, BPBD Kota Makassar.

Baca Juga: Antisipasi Perubahan Iklim, HMPS PTP UNM Tanam dan Bagikan Pohon...

Dalam informasi tersebut juga disebutkan pertimbangan berupa kondisi hulu sungai Jenelata tidak ada hujan 0 mm. Kemudian elevasi di hilir sungai Jeneberang (bendung Bisua) akibat penambahan bukaan pintu menjadi  +31,48 (elevasi waspada +31,79).

“Disampaikan kepada masyarakat tidak melakukan kegiatan penyebrangan sungai, menambang, menjala ikan di hilir bendungan Bili-Bili dan kegiatan lainnya di muara sungai Jeneberang,” demikian di sampaikan Kepala Balai BBWS Pompengan Jeneberang.

Baca Juga: Tinjau Ketinggian Air Sungai Jeneberang, Plt Gubernur Minta Warga Tenang

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang dimintai keterangan terkait informasi pembukaan pintu waduk Bili-Bili yang beredar luas di group perpesanan. 

“Benar, itu kiriman dari Kepala Balai Pompengan,” ujar Adnan saat dihubungi redaksi terkini.id, Rabu, 10 Maret 2021.

Bagikan