Pj Wali Kota Yusran Terima Kunjungan DPRD Sulsel Ihwal Persiapan New Normal

Pj Wali Kota Yusran Terima Kunjungan DPRD Sulsel Ihwal Persiapan New Normal

Terkini.id, Makassar – Penjabat Wali Kota Makassar Yusran Jusuf menerima kunjungan Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan terkait kesiapan menyambut kenormalan baru atau new normal.

Menurut Yusran, saat ini, yang paling pertama harus dilakukan di Makassar adalah melakukan rapid test massal.

Seperti rapid test yang pernah dilakukan di pasar, ojol, pelayan, supermarket, dan tenaga kesehatan.

“Hari ini kami kembali fokus pada lima kecamatan episentrum. Kami fokus di situ karena dengan menemukan masyarakat yang terpapar akan mempercepat pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 ini,” ucapnya.

Kegiatan tersebut menperoleh hasil yang sangat signifikan.

Menarik untuk Anda:

Yusran mengatakan sebelum PSBB Reproduction Number (RO) Covid-19 di Makassar 3,8 yang berarti 1 pasien bisa menularkan 4 orang. Akan tetapi setelah dilakukan rapid test massal RO tinggal 1,03 atau satu pasien hanya bisa menularkan ke satu orang.

“Untuk persyaratan new normal RO harus di bawah satu (1). Jadi kami pastikan terus berupaya untuk sampai ke situ,” sebutnya.

Menurutnya, jika rapid test dan edukasi ke masyarakat bisa diintervensi secara total maka RO akan bisa diturunkan dengan cepat.

Yusran juga tidak menyangkal sejak dilakukannya test massal setiap hari ditemukan kasus positif.

Namun, kata dia, hal ini justru baik karena dengan menemukan warga yang positif maka upaya pemberantasan virus juga akan cepat.

Selama tingkat kesembuhan lebih tinggi dari yang terpapar maka hal itu mengindikasikan bahwa upaya yang dilakukan selama ini berhasil.

“Tinggal bagaimana penegakan disiplin protokol kesehatan, yakni cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak terus diperketat serta mendorong masyarakat melakukan aktivitas fisik yang bisa meningkatkan imunitas personal mereka,” kata dia.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Nelayan Makassar Sebut Akan Terjadi Demonstrasi Besar-Besaran, Ini Sebabnya

Kuasa Hukum Aiswariah Minta Polda Sulsel Tunduk Terhadap Putusan Praperadilan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar