Plastik Pandemik: Earth Hour Makassar Sebut Sampah Plastik Capai 8 Juta Ton Per Tahun

Terkini.id, Makassar – Komunitas Earth Hour (EH) menyelenggarakan seminar berbasis daring dalam rangka meminimalisir produksi dan konsumsi plastik, di Hotel Fox Lite, Sultan Hasanuddin, Kota Makassar.

Seminar tersebut bertajuk “Plastik Pandemik”. Kegiatan ini bertujuan agar dapat menemukan ide-ide kreatif untuk penerapan pengelolaan plastik di masa pandemik saat ini. 

Kegiatan webinar plastik pandemik ini, merupakan kelanjutan dari Bombe Kantong Plastik yang pernah diselenggarakan setahun yang lalu.

Baca Juga: Peneliti UI Temukan Mikroplastik dalam Galon Sekali Pakai, Masih Aman?

Koordinator EH Kota Makassar, Dino Kanino menjelaskan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi oleh jumlah sampah plastik yang mencapai 8 juta ton per tahunnya.

“Kami bermaksud mengadakan kegiatan ini karena dilatarbelakangi oleh jumlah polusi sampah plastik yang mencapai 8 juta ton di lautan per tahunnya,” kata Dino, Minggu, 20 Desember 2020.

Baca Juga: Lempar Botol Plastik ke Mulut Kuda Nil, Wanita Ini Minta...

Program ini hadir untuk mendukung kota dan pusat pesisir dalam mengambil tindakan berani untuk polusi plastik.

Dino berharap masyarakat mampu meningkatkan kesadaran dalam menggunakan plastik. 

“Saya mengharapkan semoga dari kegiatan webinar ini masyarakat mampu meningkatkan pemahaman dan kesadaran yang lebih kuat terhadap bijaknya menggunakan plastik,” tuturnya.

Baca Juga: Lempar Botol Plastik ke Mulut Kuda Nil, Wanita Ini Minta...

Hal itu untuk mengurangi produksi dan konsumsi plastik. Selain itu, ia meminta masyarakat mengelola sampah plastik sebagai sumberdaya yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Khususnya untuk kaum milenial,” pungkasnya.

Bagikan