Kampanyekan Dampak Sampah Plastik, Earth Hour Gelar Pawai

Earth Hour
Kampanyekan Dampak Sampah Plastik, Earth Hour Gelar Pawai

Terkini.id, Makassar – Sebagai gerakan yang konsisten mengampanyekan pengurangan kantong plastik, Earth Hour (EH) Makassar terus-menerus menyuarakan dampak sampah plastik yang merusak daratan dan menganggu ekosistem di laut.

Kali ini, EH Makassar melakukan pawai gerakan bebas plastik dengan berkolaborasi bersama WALHI Sulsel dan Komunitas Marine Buddies di Jalan, Jendral Sudirman, Makassar, Minggu, 21 Juli 2019.

Koordinator Kota (Korkot) EH Makassar, Muh. Basman mengatakan, plastik bukan hanya mencemari lingkungan seperti daratan saja, namun juga sungai hingga muara di samudera.

“Plastik yang diabaikan dan tidak diolah dengan baik bisa hancur menjadi partikel sangat kecil yang disebut mikroplastik,” kata Basman sapaan akrabnya.

“Mikroplastik ditemukan di udara, tanah, dan air. Ukurannya mulai sebesar bulir beras hingga sekecil virus membuat mikroplastik mudah terhirup dan termakan mahluk hidup. Hingga tanpa kita sadari, mikroplastik kini hadir di meja makan, di dalam makanan yang akan kita santap bersama keluarga tercinta,” sambungnya .

Basman: Lebih 150 juta ton plastik di perairan bumi

Lebih jauh, Basman membeberkan pada tahun 2016 melalui World Economic Forum, saat ini ini ada lebih 150 juta ton plastik di perairan bumi. Tak hanya itu, setiap tahunnya sampah plastik bertambah hingga 8 juta ton.

“Bayangkan, ketika plastik yang lalu belum habis terurai, sudah datang lagi sampah baru. Maka dari gerakan ini kami mengajak semua orang, ayo mulai #LupainPlastik sekarang juga. Tunjukkan dukungan dan kepedulian bahwa kita butuh hidup sehat tanpa mikroplastik,” tandasnya.

Diketahui, Earth Hour merupakan salah satu gerakan yang diinisiasi oleh WWF (World Wide Fund for Nature) yang berfokus pada kampanye global untuk melawan perubahan iklim.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Komunitas

Pengurus KONI Cabang Parepare Resmi Dilantik

Terkini.id,Parepare - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Cabang Kota Parepare melaksanakan pelantikan pengurus periode 2018-2022 dan rapat anggota, yang digelar di Barugae, rumah jabatan