Polres dan Kodim Jeneponto Jadi Pelopor Gerakan Menghadap ke Laut 2019

Kodim Jeneponto
Polres dan Kodim Jeneponto Jadi Pelopor Gerakan Menghadap ke Laut 2019

Terkini.id, Jeneponto – Sebanyak kurang lebih lima ratus massa terlibat aksi ‘gerakan serentak menghadap laut’ di pesisir Pantai Kaloko, Kampung Kaloko, Desa Pao, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto, Minggu, 18 Agustus 2019.

Aksi gerakan sosial tersebut dilakukan secara serentak se-Indonesia, dipimpin langsung oleh Kapolres Jeneponto AKBP Hery Susanto bersama Dandim 1425 Jeneponto Letkol Inf Irfan Amir

Kegiatan yang dilakukan serentak di 118 titik dari 74 lokasi se Indonesia itu melibatkan kurang lebih lima ratus orang yang terdiri dari Polres Jeneponto dan jajarannya, Kodim 1425 dan jajarannya, Bhayangkari Polres Jeneponto dan jajarannya, Persit KCK Cabang Jeneponto, pihak Dinas Perikanan dan Kelautan Pemkab Jeneponto, komunitas pemuda pesisir Pao, Karang Taruna Pao, dan Pakoko.

Aksi itu dilakukan di sekitaran tempat Wisata Dermaga Desa Pao Kaloko dan dibagi tiga area dengan masing-masing area pertama 40 meter, area kedua 30 meter, dan area ketiga 30 meter.

Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan Pemkab Jeneponto, Hartawan Lomba mengatakan, gerakan bersih pantai dan laut sesuai seruan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti, dalam rangka HUT Ke-74 kemerdekaan RI tahun 2019.

“Gerakan menghadap laut yang dirangkaikan dengan gerakan bersih pantai laut ini dilakukan di 118 titik di 74 lokasi se Indonesia, di Jeneponto dilaksanakan di pesisir Pantai Kaloko Desa Pao ini,” kata Hartawan Lomba.

Selaku pelopor aksi sosial itu, Kapolres Jeneponto AKBP Hery Susanto, meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan pesisir pantai dan laut.

“Aksi ini tujuannya agar Indonesia bebas dari sampah, untuk itu saya meminta masyarakat agar setelah giat ini dapat dilanjutkan dengan menjaga kebersihan pesisir pantai dan laut,” jelas AKBP Hery Susanto.

Sementara itu, Dandim 1425 Jeneponto Letkol Inf Irfan Amir mengharapkan kegiatan serentak menghadap laut dapat membawa Indonesia bebas dari sampah plastik.

“Semoga kegiatan ini tidak dengan seremonial, namun diharapkan kegiatan ini dapat berlanjut, kita barengi dengan aksi nyata, untuk membawa Indonesia dan khususnya daerah kita bebas sampah plastik. Saat ini kita sedang tidur nyenyak di atas tumpukan sampah plastik, dan ini sudah menjadi kasus nasional,” ungkap Letkol Inf Irfan Amir.

Kegiatan itu diakhiri dengan menghadap ke Laut sembari menyanyikan lagu Padamu Negeri.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Jeneponto

Musim Kemarau, BPBD Jeneponto Lakukan Ini

Terkini.id,Jeneponto - Akibat kemarau panjang, Sejumlah Desa di beberapa Kecamatan di Kabupaten Jeneponto mengalami kekurangan air bersih.Untuk membantu masyarakat yang mengalami kekurangan air bersih,