Masuk

Presiden Jokowi Minta Kapolri Investigasi dan Usut Tuntas Kasus Tewasnya Ratusan Suporter Arema FC

Komentar

Terkini.id, JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus tewasnya ratusan suporter Arema FC.

Di saat yang sama, Presiden Jokowi juga meminta agar Liga 1 dihentikan untuk sementara.

Presiden Jokowi turut berdukacita yang mendalam atas meninggalnya 129 orang dalam tragedi sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur pada Sabtu 1 Oktober 2022 kemarin.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, Jokowi Himbau Jangan Ada Gesekan Sosial dan Adu Domba Politik

“Saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya 129 orang saudara-sudara kita dalam tragedi sepak bola di Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur,” ujar Presiden Jokowi, dikutip dari Suara.com jaringan Terkini.id.

Presiden Jokowi mengaku telah memerintahkan Menteri Kesehatan dan Gubernur Jawa Timur untuk memonitor layanan medis bagi korban yang tengah menjalani perawatan di rumah sakit. Sehingga mereka mendapatkan layanan kesehatan terbaik.

Selain itu, Presiden Jokowi juga memerintahkan Menpora, Kapolri dan Ketua Umum PSSI untuk mengevaluasi secara menyeluruh pelaksanaan pertandingan sepakbola antara Arema FC dan Persebaya yang diwarnai insiden di Stadion Kanjuruhan.

Baca Juga: Heboh, Pernyataan Jokowi Seputar Pemimpin Rambut Putih, Denny Siregar: Bukan Ganjar, Bapak Rambutnya Hitam

Ia juga meminta pihak terkait untuk mengevaluasi prosedur pengamanan penyelenggaraan pertandingan tersebut.

“Evaluasi menyeluruh pelaksanaan pertandigan sepakbola, dan prosedur pengamanan penyelenggaraannya,” katanya.

Lebih lanjut, ia berharap bahwa ini yang terakhir dan di masa mendatang jangan sampai terjadi lagi. Sebab, menurutnya rasa kemanusiaan dan persaudaraan seharusnya dijaga bersama.

“Saya sesalkan tragedi ini. Saya harap ini yang terakhir. Jangan sampai terjadi lagi di masa yang akan datang. Sportivitas, rasa kemanusiaan dan persaudaraan harus dijaga bersama,” ujarnya.