Puluhan Penyandang Disabilitas Fisik Ikuti Orientasi Pengenalan Program

Puluhan Penyandang Disabilitas Fisik Ikuti Orientasi Pengenalan Program

Terkini id,Makassar – Program Rehabilitasi Sosial lanjut pada semester II  Tahun Anggaran 2019, Balai Rehabilitasi Sosial  Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Wirajaya di Makassar kembali melaksanakan kegiatan Orientasi Pengenalan Program (OPP) bagi penyandang disabilitas fisik.

Untuk semester II ini, sebanyak 39 orang penyandang disabilitas fisik mengikuti kegiatan OPP yang dilaksanakan Selasa 12 Agustus 2019.

Rencananya kegiatan OPP dilaksanakan selama 3 hari, mulai 12 hingga 14 Agustus 2019 besok, sebagaimana disampaikan M.Dawam selaku Ketua Panitia OPP saat membacakan Laporan pelaksanaan kegiatan di acara pembukaan OPP bertempat di Aula Gedung Serba Guna BRSPDF Wirajaya Di Makassar.

Menurut M.Dawam selaku Ketua Panitia mengatakan jika kegiatan OPP  yang dilaksanakan selama 3 (Tiga) 39 Penyandang Disabilitas Fisik Ikuti OPP

Makassar ; Program Rehabilitasi Sosial lanjut pada semester II (Dua) untuk Tahun Anggaran 2019, Balai Rehabilitasi Sosial  Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Wirajaya Di Makassar kembali melaksanakan kegiatan Orientasi Pengenalan Program (OPP) bagi penyandang disabilitas fisik. Untuk semester II (Dua) ini, sebanyak 39 orang Penyandang disabilitas fisik mengikuti kegiatan OPP yang dilaksanakan pada hari ini, Selasa (12/8/2019). Rencananya kegiatan OPP dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 12 sampai 14 Agustus mendatang, sebagaimana disampaikan M.Dawam selaku ketua Panitia OPP saat membacakan Laporan pelaksanaan kegiatan di acara pembukaan OPP bertempat di Aula Gedung Serba Guna BRSPDF Wirajaya Di Makassar.

M.Dawam juga menyampaikan jika kegiatan OPP  yang dilaksanakan selama 3 hari, para peserta akan menerima beberapa materi kegiatan, diantaranya Sosialisasi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, penjelasan tentang struktur Organisasi BRSPDF Wirajaya dan juga penjelasan tentang Tugas Pokok Masing-masing Seksi dan Sub Bagian Tata Usaha.

Selain itu, kata dia peserta juga akan menerima materi tentang penjelasan masing-masing progam kokasional yang ada di BRSPDF Wirajaya.

“Demikian halnya juga beberapa materi lainnya, baik itu materi dinamika kelompok dan games-games, serta kegiatan teknis dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI Ke 74 Tahun 2019. “kegiatan OPP kali ini, kita rangkaikan dengan perayaan HUT RI Ke 74 tahun 2019,” ujar M Dawam.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala BRSPDF Wirajaya Di Makassar Agustine Prabandari dalam sambutannya menjelaskan, jika kegiatan OPP ini dimaksudkan untuk memperkenalkan program dan kegiatan kepada Penerima Manfaat (PM), termasuk aturan-aturan dan tata tertib yang mesti menjadi panduan bagi PM selama mengikuti kegiatan dalam Balai.

“Kegiatan ini bertujuan memberi motivasi kepada penyandang disabilitas agar mampu hidup mandiri, bisa eksis dalam kehidupan bermasyarakat nantinya, untuk bisa mandiri, harus diawali dengan semangat dari PM itu sendiri,” terangnya.

Di hadapan para peserta, Agustine Prabandari  juga menyampaikan kondisi BRSPDF Wirajaya saat ini, dimana BRSPDF Wirajaya Di Makassar untuk tahun 2019 melaksanakan program yang difokuskan pada implementasi Progres 5.0 new latform.

Ia menyebutkan beberapa diantaranya program bantuan Bertujuan (Bantu), program pengasuhan dan perawatan, dukungan keluarga dan juga program Terapi.

Dan untuk Program terapi, khususnya terapi penghidupan bagi penyandang disabilitas dalam balai,  PM diberikan terapi vokasional, diantaranya ada otomotif, elektronik, penjahitan, percetakan (sablon), meubel, photografi, dan tatarias, dan juga bimbingan kewirausahaan.

“Dengan pemberian pembekalan terapi penghidupan ini bisa menjadi modal bagi penyandang disabilitas, khususnya bagi penerima manfaat dalam balai yang nantinya bisa bersaing dalam era globalisasi,” urainya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini