Puluhan Siswa di Pinrang Ikuti Seminar Kesehatan Lingkungan KKN-PPM UNM

UNM
Puluhan Siswa di Pinrang Ikuti Seminar Kesehatan Lingkungan KKN-PPM UNM

Terkini.id, Pinrang – Seminar Pendidikan dan Kesehatan Lingkungan Sekolah yang diadakan di Kecamatan Lanrisang, Kabupaten Pinrang merupakan salah satu program kerja utama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) Tahun 2019.

Kegiatan ini bertemakan “Mewujudkan Generasi Berpendidikan Berkarakter, dan Cinta Lingkungan”. Bertempat di Aula Kecamatan Lanrisang, Kamis, 1 Agustus 2019.

Berkaitan dengan tema tersebut mahasiswa KKN-PPM UNM selaku panitia menghadirkan 2 pemateri yakni Sappe, S.Pd selaku Kepala Sekolah UPT SDN 178 Pinrang dan Kasmawati Side, S.KM, M.Kes selaku Kepala Puskesmas Kecamatan Lanrisang.

Adapun latar belakang diadakannya seminar ini untuk menyadarkan masyarakat sekolah bahwa dalam menghasilkan pendidikan yang berkualitas, kesehatan lingkungan sekolah sangat diperlukan.

“Kesadaran siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah masih perlu ditingkatkan, kebersihan akan menyebabkan sesuatu yang dilakukan terasa nyaman sehingga dapat menghasilkan sumber daya yang berkualitas sebagai wujud dari pendidikan yang berkualitas,” kata Sappe.

Seminar pendidikan dan kesehatan lingkungan sekolah ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya pendidikan bagi anak, memperkuat nilai-nilai karakter siswa, membekali siswa dengan pengetahuan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan serta menghasilkan output berupa tempat sampah organik dan anorganik.

Kegiatan yang diketuai oleh Irham Rosadi ini dihadiri oleh 30 siswa dengan 4 guru pendamping yang merupakan peserta undangan untuk mewakili sekolah SMP dan SMA yang ada di Kecamatan Lanrisang.

Kegiatan ini dibuka oleh Ansar selaku Kasi PMD Kecamatan Lanrisang sebagai perwakilan Kepala Kecamatan Lanrisang.

“Saya mengharapkan peserta seminar ini dapat menjadi ujung tombak kepada teman-temannya di sekolah untuk menjadi motivator agar tujuan seminar ini dapat tersampaikan secara menyeluruh ke sekolah masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Irham Rosadi mengaharapkan peserta yang hadir di seminar ini dapat menjadi contoh bagi teman-teman yang lain di Sekolah.

“Kami sangat berharap kepada peserta seminar yang sempat hadir pada kegiatan ini dapat menjadi agen penggerak bagi teman-temannya yang lain yang belum sempat hadir, dapat memotivasi teman-temannya dalam hal belajar dan menjaga lingkungan sekolah,” ujar Irham.

Berita Terkait
Komentar
Terkini