Puteri Pariwisata Tita Kamila dan Felicia Harap Pekan Budaya Tana Luwu Jadi Agenda Tahunan

Terkini.id, Palopo – Sebagai sebuah kerajaan tertua di jazirah selatan Sulawesi, Luwu adalah entitas budaya yang memiliki kisahnya sendiri. Sehingga terkhusus Wija to Luwu terus menumbuhkan, memelilihara, menjaga, dan sekaligus melestarikan budaya atau kesatuan Luwu di bumi Nusantara.

Saat ini perdana diselenggarakan Pekan Budaya Tana Luwu (PBTN) yang saat ini sedang berlangsung di di istana LangkanaE Palopo Sulawesi Selatan. Adapun acara ini berlangsung sejak 17 Januari 2022 hingga 23 Januari 2022 mendatang.

Kegiatan ini dihadiri bukan hanya dari unsur pemerintah daerah, propinsi maupun pusat, Kedatuan Luwu maupun Nusantara saja tetapi juga turut dihadiri kalangan milenial yang bahkan pernah membawa nama tanah Luwu di ajang-ajang bergengsi.

Baca Juga: Dini Nur Fitri Puteri Indonesia Sulsel 2: Hari Kartini Pengingat...

Beberapa diantaranya sudah hadir sejak pembukaan adalah Tita Kamila (Puteri Pariwisata 2017 dan Duta Humas Pemkot 2018), Felicia Fabiola Abrianti Sendana (Puteri Pariwisata Sulsel 2020). Selain itu, Runner Up 1 Puteri Indonesia Sulsel 2022, Dini Nurfitri Widjaya (perwakilan Luwu Timur). 

Sementara Runner Up 2 Puteri Indonesia Sulsel 2022, Riskyana Hidayat perwakilan Kabupaten Luwu Utara juga akan menghadiri undangan kegiatan tersebut di puncak acara. Bahkan Adila Irvan Puteri Indonesia yang juga merupakan perwakilan Kota Palopo dikabarkan akan menghadiri acara tersebut.

Baca Juga: Makna Hari Perempuan Sedunia Menurut Dini Nur Fitri Finalis Puteri...

Puteri Pariwisata 2017 dan Duta Humas Pemkot 2018, Tita Kamila mengatakan acara ini menjadi wadah pelestarian budaya Tanah Luwu. 

“Sebagai anak muda, saya sangat bangga akan Pekan Budaya Tana Luwu ini karena kegiatan ini juga memupuk sikap toleransi serta menjadikan perbedaan sebagai alat pemersatu bangsa. Saya ucapkan selamat datang kepada para Raja/Sultan se Nusantara, selamat menikmati Budaya Tanah Luwu,”ujarnya kepada terkini.id, Rabu 19 Januari 2022.

Dia juga berharap semoga kegiatan tersebut terus terlaksana sehingga kebudayaan terjaga agar anak cucu kita dapat melihat dan mengetahui sejarahnya.

Baca Juga: Makna Hari Perempuan Sedunia Menurut Dini Nur Fitri Finalis Puteri...

“Semoga kegiatan ini dapat terus terlaksana sehingga budaya kita terus terjaga agar anak cucu kita nantinya dapat melihat dan mengetahui sejarah dan budaya nenek moyangnya,”bebernya.

Senada dengan Puteri Pariwisata Sulsel 2020, Felicia Fabiola Abrianti Sendana mengatakan meskipun pekan budaya ini kali pertama diselenggarakan tetapi dirinya mengaku senang dan bangga pastinya.

1 2
Selanjutnya
Bagikan