Racik Tanaman Beracun Jadi Obat Sariawan dan Sakit Gigi, Mahasiswa Ini Sabet Medali

Terkini.id, Makassar – Berkat pemanfaatan tanaman beracun Jatropha Gossypifolia. L sebagai solusi menghilangkan sariawan alami mengantarkan delegasi tim dari Universitas Hasanuddin memperoleh medali perunggu dalam ajang Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke-33 tahun 2020.  

Kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional dengan Universitas Gadja Mada sebagai tuan rumah ini berlangsung pada 24-29 November lalu dan dilakukan secara daring.

Inovasi yang dihasilkan oleh Tim ini diberi nama J-GAS, dari nama tanaman yang digunakan.

Husna Quila Qariska selaku Ketua Tim, menjelaskan bahwa keikutsertaan dalam kompetisi tersebut dasarnya bertujuan pada pengembangan kreativitas sekaligus bentuk kontribusi dalam peningkatan inovasi yang sesuai dengan penguasaan sains dan teknologi.

Mungkin Anda menyukai ini:

Terkait ide, kata Husna inovasi ini merupakan obat sariawan herbal yang terbuat dari getah tanaman beracun (Jatropha Gossypifolia. L). 

Baca Juga: Mahasiswa UNM Teliti Gangguan Berbahasa Sekunder Anak Autis

“Inovasi ini dapat memberikan solusi kekinian menghilangkan sariawan yang tidak perih ketika digunakan, sekaligus bermanfaat sebagai obat sakit gigi,” bebernya.

“Tentu kami berharap J-GAS sebagai produk obat sariawan herbal bukan hanya sampai rencana produk yang diperlombakan. Namun, dapat diproduksi dan mendapatkan izin BPOM, HAKI serta Halal yang dapat dikenal oleh masyarakat luas sebagai produk lokal dengan banyak manfaat,” sambung Husna.

Masih kata Husna, tantangan dan hambatan tentu ada. 

Baca Juga: Keren, Mahasiswa Unhas Ini Terpilih Jadi Duta Genre

“Selain pelaksanaan yang menggunakan metode berbeda dari sebelumnya, terdapat pula beberapa hambatan teknis yang akhirnya dapat teratasi berkat komunikasi dan kerjasama yang baik dengan tim, dosen pembimbing dan pihak lain yang terlibat,” jelasnya.

Husna berharap kedepan semakin banyak mahasiswa Unhas yang mengikuti kompetisi PIMNAS tersebut sebagai bentuk dari keterlibatan aktif mahasiswa dalam mendorong dan mendukung peningkatan kualitas Unhas lebih baik masa mendatang. 

Adapun Nama-Nama Tim Terlibat:

Dosen Pendamping : Pipi Diansari S.E., M.Si., Ph. D

Ketua : Husna Quila Qariska (Fakultas Pertanian)

Anggota : 

1. Muh.Arwinsyah : Fakultas Pertanian 
2. Farhan Zulfadly : Fakultas Farmasi 
3. Rahbiani : Fakultas Pertanian.

Bagikan