Makassar Terkini
Masuk

Soroti Langkah Zulkifli Hasan Kampanye Bagikan Minyak Goreng, Ray Rangkuti: Sesuatu yang Kurang Patut

Terkini.id, Jakarta – Pengamat politik Ray Rangkuti menyoroti langkah Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan setelah melakukan kampanye bagikan minyak goreng gratis di Bandar Lampung.

Meskipun telah diberi teguran oleh Presiden Joko Widodo, namun Ray Rangkuti menilai tindakan yang dilakukan oleh Zulhas tersebut kurang patut.

Zulhas mengiming-imingi minyak goreng gratis kepada warga untuk dapat memilih putrinya yaitu Futri Zulya Savitri yang maju sebagai caleg DPR RI dari Dapil Lampung I.

“Adanya ajakan agar masyarakat yang menerima bantuan minyak goreng untuk memilih kader PAN, yang merupakan putrid dari Pak Zulhas sendiri, sesuatu yang kurang patut,” ucap Ray Rangkuti yang dikutip dari Suara.com, Kamis 14 Juli 2022.

Menurut Ray, caleg yang mengajak masyarakat untuk memilih mereka dengan iming-iming materi adalah contoh politik yang tidak baik.

“Seharusnya visi, misi dan komitmen politik antara pemilih dan yang dipilih,” ujar pengamat politik yang juga menjabat sebagai Direktur Lingkar Madani (Lima) Indonesia tersebut.

Ray menambahkan bahwa partai politik harus mendapatkan simpati dari warga masyarakat dari sesuatu yang sifatnya materi ke substansial.

Dengan melakukan hal tersebut maka biaya yang dikeluarkan oleh partai politik bisa ditekan dan kader bisa menggunakan dana untuk membanatu keuangan partai politik.

“Akan dilakukan secara berulang, bahkan disebutkan akan dilanjutkan sekali dalam 2 bulan. Tentu saja, hal ini akan menyedot banyak anggaran,” ujar pria yang aslinya bernama Ahmad Fauzi tersebut.

Tanggapan Ray Rangkuti tersebut adalah respon dari video yang beredar di media sosial dimana Zulhas membagikan minyak goreng secara cuma-Cuma dalam gelaran PANsar Murah yang dihelat Minggu 10 Juli 2022 lalu.