Respon Permendagri Soal Dana Kelurahan, Dinas PU Gelar Bimbingan Teknis

Dinas PU Gelar Bimbingan Teknis

Terkini.id, Makassar –¬† Kepala Seksi Bina Jasa Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar Suriady menanggapi terbitnya Permendagri ihwal dana kelurahan. Ia mengatakan hal itu berarti sebagian penyediaan infrastruktur¬† berada di kecamatan dan kelurahan.

“PU itu sebagai penyedia dan pembina penyediaan infrastruktur di Kota Makassar, sementara di sisi lain dengan terbitnya permendagri tentang dana kelurahan otomatis sebagian penyediaan infrastruktur itu berada di kecamatan dan kelurahan,” kata dia kepada pewarta di Hotel Karebosi Condotel, Selasa, 24 September 2019 kemarin.

Berdasarkan hal tersebut, Suriady mengatakan, Dinas PU sebagai pembina memberikan pendampingan berupa kegiatan bimbingan teknis. Ia berharap setiap sumber daya yang ada di kecamatan dan di kelurahan dapat mengelola penyediaan infrastruktur mereka.

“Jadi konsepnya bimbingan teknis perencanaan dan pengawasan bidang Pekerjaan Umum (PU),” ungkapnya.

Ia memaparkan jumlah peserta yang hadir sebanyak 180 orang dari 15 Kecamatan, 153 kelurahan, serta 12 instansi terkait.

Baca juga:

Kegiatan berlangsung selama 4 hari. Adapun materi terkait dengan perencanaan pengadaan barang dan jasa, cara menyusun HPS, dan cara menyusun kontak yang sesuai dengan regulasi yang ada.

“Terus sesudah itu bagaimana melaksanakan kontrak tersebut,” ungkapnya.

Ia mengatakan bimbingan teknis mengacu pada kegiatan di masing-masing kelurahan. Suriady mengatakan bahwa pihaknya menyadari bimbingan dengan waktu yang singkat tersebut tak bisa memberi pemahaman secara menyeluruh terhadap peserta.

“Makanya kami membuka ruang bagi teman-teman kecamatan dan kelurahan untuk melakukan pendampingan terkait dengan permasalahan di lapangan,” ujar Suriady.

Dia menegaskan, pihaknya tetap bakal mengawal  dana kelurahan lantaran berkesinambungan dengan tahun ini, tahun depan, dan yang akan datang.

“Jadi ini wujud tanggung jawab kami di PU terkait penyediaan infrastruktur di Kota Makassar,” ungkapnya.

Komentar

Rekomendasi

Update 30 Mei Pasien Corona Covid-19 di Makassar

Pj Wali Kota Makassar Tinjau Tempat Pengolahan Sampah

Viral Video Keluarga Pasien Diseret Satgas Covid-19, Kadinkes Sulsel Minta Maaf

Sejumlah Sekdis Jadi Plt Kepala Dinas, Yusran: Tak Ada Lagi Rangkap Jabatan

Dinkes Makassar Sebut Ada Pasien Sudah Sembuh Kembali Terpapar Covid-19

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar