Ini Respon Pj Wali Kota Iqbal Terhadap Pandangan Umum Fraksi DPRD Makassar

Pj Wali Kota
Pj Wali Kota Makassar M Iqbal S Suhaeb

Terkini.id, Makassar – Pj Wali Kota Makassar M Iqbal S Suhaeb merespons pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Makassar ihwal pertanggungjawaban laporan keuangan tahun anggaran 2018 yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Makassar, Jalan AP Pettarani, Makassar, Senin, 8 Juli 2019.

Setelah sebelumnya, fraksi – fraksi DPRD Kota Makassar mempertanyakan PAD Kota Makassar yang tidak mencapai target, hanya terealisasi sebesar Rp 136,16 M.

Iqbal mengatakan pemicu penurunan PAD, yakni kondisi perekonomian daerah yang melambat, sehingga mempengaruhi realisasi penerimaan dari beberapa jenis pajak daerah tidak mencapai target sepertl Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

“Jika dlbandingkan dengan tahun 2017 jumlah berkas sebanyak 8.140 transaksi sedangkan jumlah transaksi di tahun 2018 hanya mencapai 7.508 transaksi sehingga mengalami penurunan,” urainya.

Kendati begitu, Iqbal mengupayakan adanya peningkatan penerimaan PAD melalui peningkatan kinerja, kreatifitas, dan inovasi melalui serangkaian upaya ekstensifikasi antara lain perbaikan regulasi.

Iqbal tanggapi sistem zonasi PPDB

Iqbal juga menanggapi penerapan sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang belum maksimal. Ia mengakui masih menyisakan persoalan, pasalnya seluruh peserta didik di sekolah negeri milik pemerintah Kota Makassar belum tertampung.

Iqbal menilai penambahan 10 SMP Negeri, paling tidak Pemerintah Kota mampu menambah jumlah siswa yang masuk sekolah negeri.

“Dinas Pendidikan Kota Makassar mengantisipasi dengan melakukan regrouping. Tentu saat ini pihak Pemkot sendiri telah menambah 10 SMP Negeri baru yang tersebar di tujuh kecamatan di Kota Makassar. Hal ini bisa membantu menampung siswa sebanyak 1.500,” jawab Iqbal.

Komentar

Rekomendasi

Ribuan Pekerja di Makassar Dirumahkan Selama Pandemi Corona

Pelaku Kuliner Makassar Diimbau Tak Layani Pengunjung yang Makan di Tempat

Kasubag Zulkiflie Meninggal Diduga Corona,  Pemkot Bakal Lakukan Rapid Tes Pegawai

Bantuan Terus Berdatangan di Posko Induk Covid-19 Makassar

Kabar Duka, Satu Pegawai Pemkot Makassar Meninggal Dunia Usai PDP Corona

Dekan FTI UMI Minta Pemkot Berdayakan Pelaku UMKM Produksi Masker

Lawan Corona, PMI Semprot Disinfektan Ribuan Lokasi di Makassar

PMI Makassar: Kerja Gugus Tugas Covid-19 Tak Ada Artinya Jika Warga Tetap Keluar Rumah

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar